Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di Kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan

Siregar, Siti Ramadana (2015) Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di Kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah berawal dari wawancara dengan guru matematika MTsN 2 Padangsidimpuan menyatakan bahwa rendahnya nilai siswa dalam bidang studi matematika dan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika, hal ini disebabkan karena guru tidak mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa atau kehidupan nyata siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kurang tepatnya pendekatan pembelajaran yang diterapkan, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa tidak berkembang. Untuk itu diperlukan suatu pendekatan yang mengaitkan pembelajaran kekehidupan sehari-hari siswa, dalam hal ini pendekatan yang sesuai adalah pendekatan matematika realistik. Dari latar belakang masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap berpikir kritis siswa materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain Randomized Control Group Pretest and Postest. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 191 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan random sampling atau sampel acak berkelompok yaitu kelas VIII-2 dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji-t yang diperoleh dari hasil uji perbedaan dua rata-rata yang menunjukkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.Sahadir Nasution,M.Pd dan Ahmad Nizar Rangkuti,S.Si,.M.Pd
Keywords: Pendidikan matematika realistik, Kemampuan berpikir, Persamaan linear dua variabel
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 10 Sep 2020 08:19
Last Modified: 10 Sep 2020 08:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4844

Actions (login required)

View Item View Item