Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran bertukar pasangan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan system persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMPN 5 Sipirok

Siregar, Nur Amannum (2015) Penerapan model pembelajaran bertukar pasangan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan system persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMPN 5 Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian di SMPN 5 Sipirok berawal dari wawancara dengan guru matematika yaitu bapak Kumpul Hasibuan yang menyatakan kemampuan berpikir kritis matematika siswa masih rendah khususnya pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Sedangkan rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran bertukar pasangan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMPN 5 Sipirok. Dan tujuannya adalah untuk mengetahui model pembelajaran bertukar pasangan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-1 SMPN 5 Sipirok yang terdiri dari 22 siswa dengan 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar tes, dan lembar observasi. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran bertukar pasangan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMPN 5 Sipirok. Seperti data yang diperoleh bahwa pada tes awal persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 18,19% (4 dari 22 siswa), siklus I pertemuan 1 persentase ketuntasan berpikir kritis secara klasikal sebesar 36,37% (8 dari 22 siswa). Pada siklus I pertemuan 2 persentase ketuntasan berpikir kritis secara klasikal sebesar 54,55% (12 dari 22 siswa). Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 persentase ketuntasan berpikir kritis secara klasikal sebesar 77,28% (17 dari 22 siswa) dan pada siklus II pertemuan 2 persentase ketuntasan berpikir kritis secara klasikal sebesar 86,37% (19 dari 22 siswa). Dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dan telah mencapai 85% siswa yang tuntas berpikir kritis, maka penelitian ini telah dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.Lelya Hilda,M.Si dan Ahmad Nizar Rangkuti,S.Si.,M.Pd
Keywords: Model pembelajaran bertukar pasangan
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 10 Sep 2020 08:32
Last Modified: 10 Sep 2020 08:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4842

Actions (login required)

View Item View Item