Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan pemberian penguatan guru dengan motivasi belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Huta Raja Tinggi.

Nasution, Nisma Wati (2015) Hubungan pemberian penguatan guru dengan motivasi belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Huta Raja Tinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar matematika siswa sehingga menimbulkan hasil belajarnya rendah. Hal ini diakibatkan karena pemberian penguatan guru yang salah satunya tidak sesuai dengan prinsip pemberian penguatan guru. Untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa salah satunya cara yang dipakai dengan memberikan penguatan dalam mengajar agar siswa lebih termotivasi untuk belajar matematika. Sehingga penulis termotivasi untuk melakukan penelitian yang berjudul “hubungan pemberian penguatan guru dengan motivasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 4 Huta Raja Tinggi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan pemberian penguatan guru dengan motivasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 4 Huta Raja Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto artinya suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya untuk mengetahui adanya hubungan antara pemberian penguatan guru dengan motivasi belajar matematika siswa digunakan analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Untuk memprediksi tingkat hubungan variabel pemberian penguatan guru dengan motivasi belajar matematika siswa dilakukan dengan menggunakan persamaaan regresi, Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh rhitung sebesar 0,85, dicari interpretasi dengan menggunakan tabel nilai “r” : df = N – nr = 48 – 2 = 46, dengan memeriksa Tabel Nilai “r” product moment ternyata bahwa dengan df sebesar 46, pada taraf signifikan 5% diperoleh rtabel sebesar 0, 291. Ternyata rhitung > rtabel (0, 85 > 0,291). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian penguatan guru dengan motivasi belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Huta Raja Tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra.Asnah,M.A dan Almira Nasution,M.Si
Keywords: Guru, Motivasi belajar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 10 Sep 2020 08:39
Last Modified: 10 Sep 2020 08:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4841

Actions (login required)

View Item View Item