Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan pelaksanaan menghafal alquran dengan indeks prestasi belajar mahasiswa STAIN Padangsidimpuan

Dongoran, Misba (2012) Hubungan pelaksanaan menghafal alquran dengan indeks prestasi belajar mahasiswa STAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
083100113.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB)

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan menghafal Alquran mahasiswa STAIN Padangsidimpuan ? (2) Bagaimana hubungan pelaksanaan menghafal Alquran dengan prestasi belajar mahasiswa STAIN Padangsidimpuan? (3) Bagaimana prestasi belajar mahasiswa yang hafal Alquran di STAIN Padangsidimpuan ? Penulisan skripsi ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan menghafal Alquran mahasiswa STAIN Padangsidimpuan. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa yang menghafal Alquran di STAIN Padangsidimpuan. (3) Untuk mengetahui hubungan pelaksanaan menghafal Alquran dengan prestasi belajar mahasiswa STAIN Padangsidimpuan. Berdasarkan permasalahan yang diajukan tersebut, maka hipotesis yang muncul adalah Ha: Terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan menghafal Alquran dengan indeks prestasi belajar mahasiswa STAIN Padangsidimpuan Berdasarkan analisis data maka penelitian ini digolongkan kepada penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa STAIN Padangsidimpuan yang menghafal Alquran antara 5-30 juz yang berjumlah 20 Orang. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket dan analisis data menggunakan rumus Korelasional Product Moment. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment terdapat hubungan pelaksanaan menghafal Alquran dengan indeks prestasi belajar mahasiswa STAIN Padangsidimpuan dengan diketahui nilai rxy sebesar 0,5736 dan nilai rtabel dengan taraf signifikan 5 % adalah 0,444 dan pada taraf signifikan 1 % adalah 0,561. Nilai rxy 0,5736 lebih besar (>) dari rtabel pada taraf signifikan 5% (0,444) dan pada taraf signifikan 1% (0,561). Selanjutnya untuk mengetahui kesignifikanan dilakukan uji t dengan hasil thitung 2.9712 lebih besar (>) dari ttabel pada taraf signifikan 0,05 (1.725) dan pada taraf signifikan 0,01(2.528) , maka hipotesis diterima artinya ada hubungan yang signifikan antara pelaksanaan menghafal Alquran dengan indeks prestasi belajar mahasiswa STAIN Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Armyn Hasibuan, M.Ag dan H. Ali Anas Nasution, M.A
Keywords: Pelaksanaan Menghafal Alquran., Indeks Prestasi Belajar Mahasiswa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 09 Sep 2020 08:30
Last Modified: 09 Sep 2020 08:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4839

Actions (login required)

View Item View Item