Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pembelajaran di madrasah diniyah awaliyah Nurul Huda Aek Tampang Padangsidimpuan (tinjauan sdm, sarana dan prasarana)

Hasibuan, Sari Mawaddah (2012) Problematika pembelajaran di madrasah diniyah awaliyah Nurul Huda Aek Tampang Padangsidimpuan (tinjauan sdm, sarana dan prasarana). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
073100102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja problematika pembelajaran di Madrasah Diniyah Awaliyah Nurul Huda Aek Tampang Padangsidimpuan? Upaya apa yang dilakukan dalam penanggulangan problematika pembelajaran di Madrasah Diniyah Awaliyah Nurul Huda Aek Tampang Padangsidimpuan? Berdasarkan rumusan masalah di atas maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran yang terjadi di Madrasah Diniyah Awaliyah Nurul Huda Aek Tampang Padangsidimpuan dan ingin mengetahui upaya yang dilakukan dalam penanggulangan problematika pembelajaran di Madrasah Diniyah Awaliyah Nurul Huda Aek Tampang Padangsidimpuan. Untuk menjawab permasalah tersebut maka digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan sesuai dengan fakta secara sistematis. Adapun yang menjadi sumber data primer (data pokok) diperoleh dari guru, siswa, dan kepala sekolah, sumber data sekunder (data pelengkap) yaitu ketua yayasan dan orangtua/wali siswa. Instrument pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah penelitian ini dilakukan terhadap sumber data maka diperoleh hasil bahwa yang menjadi Problematika Pembelajaran di Madrasah Diniyah Awaliyah Nurul Huda Aek Tampang Padangsidimpuan adalah: Problematika yang menyangkut terhadap sumber daya manusia (SDM) yang antara lain: 1) Ketidak disiplinan guru. 2) Kesejahteraan guru. 3) Tenaga administrasi yang tidak ada. 4) Masih ada sebagian anak didik yang tidak bias baca tulis Al-Qur’an. 5) Masih ada sebagian anak didik yang sukar dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan oleh guru. Sedangkan problematika yang menyangkut terhadap sarana dan prasana adalah masih mininya sarana dan prasarana di Madrasah tersebut yang antara lain: 1) Ruang guru yang tidak ada dan musholla yang disatukan dengan kantor yang hanya dibatasi oleh lemari saja. 2) Sebagian bangku dan meja yang sudah rusak. 3) Mesin Tik/computer dan pengeras suara/mic yang tidak ada. 4) Ruang perpustakaan dan aula yang tidak ada. 5) alat dan sumber pembelajaran yang sangat minim. 6) buku-buku pelajaran yang kurang. Upaya yang dilakukan dalam penanggulangan Problematika Pembelajaran di Madrasah Diniyah Awaliyah Nurul Huda Aek Tampang Padangsidimpuan yang menyangkut terhadap sumber daya manusia (SDM) antara lain: 1) Melalui teguran atau peringatan kepala sekolah. 2) Melalui uang SPP anak didik dan dana yang didapat dari Depag yang sekali 6 bulan dengan jumlah Rp. 600.000. 3) Adanya kerjasama guru-guru madrasah tersebut dalam menanggulangi masalah administrasi. 4) Dengan diajari langsung oleh kepala sekolah, tetapi belum begitu berjalan secara optimal. 5) Dengan mengulangi kembali materi yang diajarkan oleh guru tersebut. Sedangkan upaya yang menyangkut terhadap sarana dan prasarana yaitu: 1) Belum ada upaya yang dilakukan terhadap pembangunan kantor guru dan musholla, dikarenakan dana yang dimiliki Madrasah tersebut tidak ada. 2) Dengan adanya sumbangan dari masyarakat dari dana lubuk larangan. 3) Belum ada upaya yang dilakukan terhadap pengadaan mesin Tik/komputer. 4) Dengan memakai/meminjam pengeras suara/mic dari mesjid Nurul Huda Aek Tampang Padangsidimpuan. 5) Belum ada upaya yang dilakukan terhadap pembangunan ruangan perpustakaan dan aula, disebakan dana yang tidak ada. 6) Dengan dituntutnya agar guru lebih kreatif dan aktif dalam membuat alat dan sumber pembelajaran baik itu dari kertas manila, poster-poster, ataupun alat dan sumber pembelajaran lainnya. Dan adanya sumbangan buku Iqro dari ketua yayasan dan dianjurkannya anak didik untuk membeli buku pelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd, dan, Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Problematika Pembelajaran., Penanggulangan Problematika Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 09 Sep 2020 07:58
Last Modified: 09 Sep 2020 07:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4837

Actions (login required)

View Item View Item