Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Permasalahan pembinaan baca tulis Qur’an dan upaya menanggulanginya di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan

Simbolon, Aswar (2011) Permasalahan pembinaan baca tulis Qur’an dan upaya menanggulanginya di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06311054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Permasalahan Pembinaan Baca Tulis Qur’an dan Upaya Menanggulanginya di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan”, yaitu suatu pembahasan tentang kemampuan baca tulis al-Qur’an, permasalahan pembinaan baca tulis al-Qur’an yang ditemukan serta upaya penanggulangan yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan pembinaan baca tulis al-Qur’an untuk meningkatkan pembelajaran baca tulis al-Qur’an di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan baca tulis al-Qur’an di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan, permasalahan apa saja yang ditemukan dalam pembinaan baca tulis al-Qur’an, serta upaya penanggulangan yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan pembinaan baca tulis al-Qur’an tersebut untuk meningkatkan pembelajaran baca tulis al-Qur’an di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Dalam menyusun skripsi ini dilakukan riset lapangan (field research), untuk itu instrumen pengumpulan data yang terdiri dari interviu dan observasi. Pengolahan dan analisis data dilaksanakan secara kualitatif Dari pembahasan yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan masih kurang, hal ini dibuktikan dengan data sebahagian besar siswa masih belum pandai membaca al-Qur’an, baik ia dari pengucapan lafadz huruf (yang berdiri sendiri, kata, kalimat, dan menyambung kata dan kalimat), makhrajul khuruf, tanda wakaf, dan ilmu tajwid. Sedangkan dalam menulis, hal ini dilihat dari ketidakmampuan sebahagian besar siswa dalam menulis huruf al-Qur’an, baik ia yang berdiri sendiri, kata, kalimat, terlebihnya persambungan kata dan kalimat baik ia dengan secara dikte atau melihatnya langsung dari mushaf. Permasalahan pembinaan baca tulis al-Qur’an yang ditemukan di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan adalah kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran baca tulis al- Qur’an, kurangnya dukungan dari orang tua, metode penyampaian materi baca tulis al-Qur’an yang tidak sesuai dengan teori pembelajaran al-Qur’an, serta kurangnya alat pembelajaran yang disediakan oleh pihak sekolah untuk membantu peningkatan pembelajaran baca tulis al- Qur’an. Sedangkan upaya penanggulangan yang dilakukan guru dalam mengatasi masalah pembinaan tersebut adalah dengan menumbuhkan minat siswa terhadap pembelajaran baca tulis al-Qur’an seperti mengadakan perlombaan pada hari Isra’ Mi’raj dan penyambutan bulan suci ramadhan, memberikan hadiah bagi yang berprestasi, memberikan latihan di kelas dan di rumah, pekerjaan rumah, menghapal dan menulis ke papan tulis secara bergantian. Dalam metode, guru memberikan metode yang bervariasi dan metode-metode penyampaian materi baca tulis al-Qur’an, pengelompokan siswa yang kurang pandai dan yang pandai, siswa yang pandai mengajari yang kurang pandai, serta penambahan waktu di luar jam pembelajaran. Untuk alat pembelajaran, guru mengefektifkan alat pembelajaran dengan baik, membagi satu alat/media kepada dua orang, serta mencari bahan/alat yang bisa membantu proses pembelajaran kemudian menfoto copynya dan dibagikan kepada murid-murid di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Nurfin Sihotang, M.A., Ph.D, dan Drs. Dame Siregar, M.A
Keywords: Pembinaan Baca Tulis Qur’an., Meningkatkan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 09 Sep 2020 07:48
Last Modified: 09 Sep 2020 07:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4836

Actions (login required)

View Item View Item