Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelanggaran moral siswa MIN 2 Padangsidimpuan

Batubara, Marlina (2013) Pelanggaran moral siswa MIN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 310 0012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pelanggaran moral siswa MIN 2 Padangsidimpuan yang dihadapi pihak sekolah dan guru di MIN 2 Padangsidimpuan dalam mengarahkan dan membimbing siswa supaya memiliki moral yang baik yang tercermin dari perilakunya sehari-sehari baik dalam ucapan, sikap dan tingkah laku (perbuatan). Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pelanggaran moral siswa MIN 2 Padangsidimpuan, dan bagaimana penyelesaian terhadap pelanggaran moral siswa MIN 2 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelanggaran moral siswa MIN 2 Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui penyelesaian terhadap pelanggaran moral siswa MIN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang berusaha untuk menggambarkan objek sesuai apa adanya. Metode ini ditujukan untuk mendeskripsikan pelanggaran moral siswa MIN 2 Padangsidimpuan. Adapun sumber datanya adalah Kepala Sekolah, guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah empat orang, dan siswa/i MIN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah empat orang. Dari penelitian yang dilakukan dengan mengadakan observasi dan wawancara secara langsung maka diperoleh kesimpulan bahwa pelanggaran moral siswa MIN 2 Padangsidimpuan masih tergolong kurang baik, karena ada beberapa pelanggaran, seperti: siswa/i sering membuang sampah sembarangan, sering keluar pagar sekolah tanpa izin, absen tanpa keterangan, perkelehaian antar siswa, bermusuhan antara siswa/i, siswa mengatakan perkataan kotor, bermain-main ketika belajar, tidak mengerjakan PR, dan merusak fasilitas sekolah. Berbagai macam pelanggaran moral siswa MIN 2 Padangsidimpuan dapat diselesaikan maupun dicegah melalui nasehat, yaitu membantu siswa meningkatkan standar perilakunya di lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari dengan cara menjadikan kisah-kisah para Rasul sebagai contoh suri tauladan bagi umatnya dan lain sebagainya, menanamkan sikap disiplin dalam diri siswa, kemudian memberikan sangsi berupa hukuman jika ada terdapat diantara para siswa yang melanggar tata tertib dan peraturan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Syahid Muammar Pulungan, SH dan dan H. Ismail Baharuddin, MA
Keywords: Moral
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:41
Last Modified: 09 Sep 2020 03:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4829

Actions (login required)

View Item View Item