Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas komunikasi orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak (studi pada SMPN 2 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara)

Siregar, Ernidawati (2015) Efektivitas komunikasi orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak (studi pada SMPN 2 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0219.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah antara orangtua dan guru masih kurang efektif dalam berkomunikasi sehingga berpengaruh terhadap pembinaan akhlak para siswa di SMPN 2 Padang Bolak Julu, perilaku siswa masih banyak yang melanggar norma dan agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak, peran orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak. Dan kendala yang dihadapi orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak siswa. Metode penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data ke lapangan melalui observasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian yang diperoleh, akhirnya penulis dapat menyimpulkan bahwa komunikasi orangtua dan guru kurang efektif terhadap pembinaan akhlak siswa sehingga siswa masih banyak yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan di sekolah. Bentuk-bentuk komunikasi yang dilakukan orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak pada waktu siswa bermasalah kemudian panggil orangtua sehingga terjadi komunikasi antara orangtua dan guru dalam membina akhlak siswa. Dengan adanya bentuk-bentuk komunikasi yang dilakukan orangtua dan guru maka diharapkan kepada siswa/anak mendengarkan perintah dari orangtua dan guru agar akhlak siswa/anak terbina dengan baik. Peran orangtua dan guru dalam pembinaan akhlak adalah menciptakan lingkungan yang kondusif dan agamis bagi anak, dan menanamkan sikap beragama pada anak. Adapun peran guru terhadap pembinaan akhlak adalah bahwa kehadiran guru dalam proses pembelajaran merupakan peranan yang penting. Di sekolah guru menjadi ukuran atau pedoman bagi murid-muridnya, di masyarakat seorang guru dipandang sebagai suri tauladan bagi setiap warga masyarakat. Kendala yang dihadapi orangtua dan guru dalam membina akhlak anak/siswa adalah kurangnya perhatian orangtua dan guru terhadap anak/siswa, kurang kontrol dari para guru SMPN 2, kurangnya motivasi orangtua terhadap pelaksanaan peraturan yang ditetapkan di SMPN 2 Padang Bolak Julu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Lubis, M.Ag dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A
Keywords: Komunikasi orangtua dan guru; Pembinaan akhlak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 09 Sep 2020 02:01
Last Modified: 09 Sep 2020 02:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4821

Actions (login required)

View Item View Item