Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan barisan dan deret di kelas ix SMP Negeri 1 Huristak

Tanjung, Ponisya (2014) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan barisan dan deret di kelas ix SMP Negeri 1 Huristak. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran guru merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Kreativitas guru menciptakan suasana pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir siswa, dimana guru harus bisa menyesuaikan model yang sesuai dengan materi pelajaran supaya bisa meningkatkan cara berpikir siswa dan termotivasi untuk belajar aktip. Gejala umum yang terjadi pada siswa saat ini adalah”malas berpikir”,siswa tidak berusaha untuk memecahkan atau mencari solusi dalam menyelesaikan masalah matematika bahkan siswa menghindari dari kesulitan yang dihadapinya sehingga menimbulkan rasa tidak senang dan benci terhadap pelajaran matematika.Problem Based Learningadalah model pembelajaran yang dirancang dan dikembangkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalammenyelesaikan suatu masalah.Peneliti tertarik melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan barisan dan deret di kelas IX SMP Negeri 1 Huristak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learningterhadap kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan barisan dan deret di kelas IX SMP Negeri 1 Huristak.Penelitianini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain non randomized control group pre test post test design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Huristak dan sampel penelitian ini adalah populasi itu sendiri yaitu berjumlah 58 orang. Instrumen pengumpulan data adalahtes berbentuk essay yang terdiri dari 5 soal untuk preetest dan 5 soal untuk postest. Analisa data yang digunakanadalah rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varian dan uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji t diperoleh ݐ௛௜௧௨௡௚= 4,34 dan ݐ௧௔௕௘௟= 2,0042. Jadi ܪ௔diterima yaitu rata-rata kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan barisan dan deret yang menggunakan model pembelajaran problem based learninglebih baik dibandingkan rata-rata kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan barisan dan deret yang tidak menggunakan model problem based learning. Sehingga disimpulkant berada di daerah penerimaan ܪ௔, Dimana ܪ௔: ߤଵ>ߤଶ,artinya ada pengaruhpositifyang signifikan memalui penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan barisan dan deret di kelas IX SMP Negeri 1 Huristak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fatahuddin Azis Siregar, M.Ag dan Ahmad Nizar Rangkuti, M.Pd
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kreatif; Pokok Bahasan Barisan; Deret
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 09 Sep 2020 00:59
Last Modified: 10 Sep 2020 02:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4819

Actions (login required)

View Item View Item