Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan model pembelajaran kolaborasi terhadap kemampuan strategi bertanya yang efektif pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel(plsv) di kelas vii SMP N 6 Padangsidimpuan

Liana, Liana (2015) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kolaborasi terhadap kemampuan strategi bertanya yang efektif pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel(plsv) di kelas vii SMP N 6 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan.Adapun alas an penulis memilih sekolah ini sebagai lokasi penelitian karenakemampuan bertanya siswa pada materi PLSV masih rendah dan tenaga pendidik kurang aktif dalam menggunakan berbagai metode pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan siswa untuk belajar.Peneliti merasa bahwa model pembelajaran kolaborasi sangat tepat digunakan disekolah ini. Dari latarbelakang diatas maka yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan bertanya pada pokok bahasan persamaan linear satu variable (plsv) dengan model pembelajaran kolaborasi Di Kelas VII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksprimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan kemampuan bertanya siswa dengan menggunakan model pembelajaran kolaborasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 285 orang.Peneliti mengambil satu kela ssebagai kelas eksprimen.Kelas dijadikan sebagai kelas eksprimen yang diajarkan dengan model pembelajan kolaborasi dan kelas dijadikan sebagai kelas control tanpa diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kolaborasi. Instrumen yang digunakan adalah essay tes dan observasi. Berdasarkan hasil perhitungan tes dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa t hitung berada diluar t table dan-t tabel, artinya thitung t table yaitu 3,6691>-2,0052 yang menunjukkan hipotesis diterima. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan bertanya dan hasil belajar persamaan linear satu variable dengan menggunakan model pembelajaran kolaborasi di kelas VII SMP N 6 Padangsidimpuan. Penjaringan data yang dilakukan dengan observasi tersebut guna mendapatkan data mengenai model pembelajaran kolaborasi terhadap kemampuan strategi bertanya yang efektif pada pokok bahasan persamaan linier satu variable di kelas VII SMP N 6 Padangsidimpuan.Perhitungan terhadap variable tersebut diperoleh nilai persentase maksimal (pertemuan 1) 70% dan persentase maksimal ( pertemuan2 )92%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Model Pembelajaran Kolaborasi; Kemampuan Strategi Bertanya; Pokok Bahasan Persamaan Linier Satu Variabel(Plsv)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 09 Sep 2020 01:20
Last Modified: 09 Sep 2020 01:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4818

Actions (login required)

View Item View Item