Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbandingan berpikir kreatif siswa menggunakan pendekatan contekstual teaching and learning dengan pendekatan pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan bangun datar di kelas vii SMP N 1 Sayurmatinggi

Siregar, Khoiriah Hasanah (2015) Perbandingan berpikir kreatif siswa menggunakan pendekatan contekstual teaching and learning dengan pendekatan pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan bangun datar di kelas vii SMP N 1 Sayurmatinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Mata pelajaran matematika sangat erat hubungannya dengan mata pelajaran lain dimana tanpa bantuan matematika pemecahan persoalan dalam ilmu lain maupun dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat diselesaikan.Pada penelitian ini, penulis meneliti kendala yang dihadapi siswa pada pokok bahasan bangun datar . Saat belajar materi tersebut, siswa kurang mampu mencari penyelesaian dari materi tersebut. Sehingga penulis mencobameneliti cara mengatasi permasalahan siswa tersebut dengan menerapkanpendekatan contekstual teaching and learningdengan pendekatan pendidikan matematika realistik.Dari latar belakang masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandinganberpikir kreatif siswa menggunakan pendekatan contekstual teaching and learning dan pendekatan pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan bangun datar di kelas VII SMP N. 1 Sayurmatinggi.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP N. 1 Sayurmatinggiyang terdiri dari 3 kelas sebanyak 60orang, dan untuk sampelnya diambil dengan teknik sampling purposiveyaitu dengan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kemudian intsrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes dan angketyang diberikan sebanyak dua kali, yaitu sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t.Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa berpikir kreatif siswa memiliki perbedaan antara siswa yang masuk pada kelas VII¹ dengan kelas VII², yaitu ditemukan angka thitungsebesar 3,09 dan dikonsultasikan pada ttabel sebesar 2,03. Hal ini terlihat bahwa thitung >ttabeldengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada PerbandinganBerpikir Kreatif Siswa Menggunakan Pendekatan ContekstualTeaching and Learningdengan Pendekatan Realistik pada Pokok Bahasan Bangun Datar di Kelas VII SMP N.1 Sayurmatinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.Si dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Berpikir Kreatif; Pendekatan Contekstual Teaching And Learning; Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik; Pokok Bahasan Bangun Datar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 09 Sep 2020 02:17
Last Modified: 09 Sep 2020 02:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4817

Actions (login required)

View Item View Item