Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games and tournament(tgt) dengan number head together(nht) pada materi pokok himpunan di kelas vii smp Negeri 3 Padangsidimpuan

Lubis, Gustina Indriani (2014) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games and tournament(tgt) dengan number head together(nht) pada materi pokok himpunan di kelas vii smp Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Belajar bukan hanya berhadapan dengan teori dan konsep saja, melainkan harus melakukan sesuatu, mengetahui dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran. Dalam Penelitian ini peneliti ingin melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games and Tournament(TGT) dengan Number Head Together(NHT) pada materi pokok himpunan di kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Dengan model pembelajaran TGT dan NHT siswa dapat saling mengajari baik antara kelompok maupun antar kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games and Tournament(TGT) dengan Number Head Together (NHT) pada materi pokok himpunan di kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah Non Randomized Control Group Pre Test Post Test Design. Populasi penelitian ini berjumlah 234 siswa kemudian yang menjadi sampel adalah kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen A yang berjumlah 28 orang dan diajarkan dengan model TGT kemudian kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen B yang berumlah 24 orang dan diajarkan dengan NHT. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk essay tes. Untukmelihat kemampuan pemecahan masalah siswa dipergunakan analisa statistik deskriptif kemudian untuk melihat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan NHT dipergunakan uji-t.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuanpemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran TGT dan NHT, dimana nilai rata-rata kelas eksperimen A dari 66,64 menjadi 81,14. Begitu juga dengan kelas eksperimen B dari 66,37 menjadi 79,45. Dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung= 0,697 < ttabel = 2,01. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa H0diterima dan Haditolak, bunyi hipotesis yang diterima adalah tidak ada perbedaan secara signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games and Tournament(TGT) dengan Number Head Together (NHT) pada materi pokok himpunan di kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A dan Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games And Tournament(TGT); Number Head Together(NHT); Materi Pokok Himpunan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 09 Sep 2020 04:00
Last Modified: 09 Sep 2020 04:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4816

Actions (login required)

View Item View Item