Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kelompok buzz pada materi kubus dan balok di kelas VIII-I SMP Negeri 8 Padangsidimpuan

Pane, Siti Ubaidah (2015) Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kelompok buzz pada materi kubus dan balok di kelas VIII-I SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 330 0030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat aktivitas belajar matematika siswa yang kurang. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang monoton dan penggunaan model pembelajaran yang tidak melibatkan siswa. Untuk mengatasi rendahnya aktivitas belajar matematika siswa dapat digunakan metode pembelajaran kelompok Buzz yang mengharuskan siswa untuk lebih aktif selama proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan metode pembelajaran kelompok Buzz dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan/ tindakan (action), pengamatan/ observasi (observation), dan refleksi (reflection). Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai observer, untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa maka instrument yang digunakan yaitu observasi dan angket. Berdasarkan pembahasan dalam penelitian ini maka diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan aktivitas dari siklus 1 dan siklus 2. Peningkatan kegiatan terjadi pada keseluruhan aktivitas belajar, (1) Siswa aktif memperhatikan atau mendengarkan penjelasan dari guru dimulai dari 57,14% menjadi 100%; (2) Aktivitas bertanya dari 0% menjadi 60,71%; (3) Aktivitas mempergunakan waktu belajar dari 64,28% menjadi 100%; (4) Aktivitas berdiskusi dimulai dari 25% menjadi 78,57%; (5) Aktivitas memecahkan masalah atau tugas kelompok dari 14,28% menjadi 75%; (6) Aktivitas menyusun laporan hasil belajar yang diperolehnya dari 50% menjadi 100%; (7) Aktivitas mencari dan memanfaatkan sumber belajar dimulai dari 10,71% menjadi 92,85%. Hasil yang diperoleh juga didukung dari hasil angket, yaitu: (2) Memperhatikan gambar dari 71,42% menjadi 89,28% (5) Mendengarkan dari 75% menjadi 85,71%; (3) Aktivitas bertanya dari 60,71% menjadi 78,57%; (4) Aktivitas mengemukakan pendapat dari 39,28% menjadi 57,14%; (10) Aktivitas berani menanggapi dari 42,85% menjadi 67,85%; (9) Aktivitas memecahkan soal dari 60,71% menjadi 71,42% (6) Aktivitas menulis pada siklus I sebesar 60,71%; pada siklus II sebesar 78,57%; (1) Aktivitas membaca dimulai dari 75% menjadi 89,28%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Belajar; Metode Pembelajaran Kelompok Buzz
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 08 Sep 2020 09:20
Last Modified: 08 Sep 2020 09:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4815

Actions (login required)

View Item View Item