Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan pendidikan taman kanak-kanak (TK) EL-Syahra Perumnas Pijorkoling dalam membantu kesiapan anak memasuki sekolah dasar (SD)

Baik, Muhammad (2015) Peranan pendidikan taman kanak-kanak (TK) EL-Syahra Perumnas Pijorkoling dalam membantu kesiapan anak memasuki sekolah dasar (SD). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0153.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Masalah penelitian ini di latar belakangi pentingnya pendidikan Taman Kanak-Kanak, hal ini di landasi karena keberhasilan pendidikan pada setiap anak di awali dengan hasil pendidikan yang diperolehnya sejak Anak Usia Dini dan juga Peranan Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) terhadap pendidikan Sekolah Dasar adalah besar sekali atau dengan kata lain sangat menentukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) EL-syahra Perumnas Pijorkoling dalam membantu dan kesiapan anak memasuki Sekolah Dasar. Untuk mengetahui Program dan metode yang dipakai Taman Kanak- kanak (TK) EL-syahra Perumnas Pijorkoling dalam membantu kesiapan anak memasuki Sekolah Dasar. Untuk mengetahui kesiapan seorang anak Taman Kanak-Kanak (TK) ketika memasuki Sekolah Dasar, Penelitian ini dilaksanakan dengan Field Research, Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi, pengelolaan data dan analisis data dilakukan dengan kualitatif dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu dari wawancara, observasi, dokumentasi pribadi, dokumentasi resmi, gambar, fhoto, setelah itu dibuat reduksi data dengan jalan membuat abstraksi. Hasil temuan umum penelitian ini diperoleh sebagai berikut: adanya peranan Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) dalam memasuki Sekolah Dasar. Hal ini dapat dilihat dari segi program kegiatan, kurikulum dan bidang studi diajarkan, serta penerapan pengembangan yang ditetapkan seperti kemampuan motorik, berbicara dan berkomunikasi, serta mempersiapkan anak melalui pembiasaan-pembiasaan seperti nilai agama, nilai sosial emosional, nilai seni dan bahasa, motorik halus dan kasar, dan kognitif. Dari hal tersebut dapat disimpulkan adanya peranan pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) EL-syahra Perumnas Pijorkoling dalam membantu kesiapan anak memasuki Sekolah Dasar (SD).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Replita, M.Si. dan Nahriyah Fatah, S.Ag., M.Pd
Keywords: TK; SD
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 08 Sep 2020 08:49
Last Modified: 08 Sep 2020 08:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4814

Actions (login required)

View Item View Item