Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model cooperative learning tipe group investigation dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pokok volume kubus dan balok siswa kelas V SDN 200204 Losung Padangsidimpuan

Khairunnisa, Khairunnisa (2015) Penerapan model cooperative learning tipe group investigation dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pokok volume kubus dan balok siswa kelas V SDN 200204 Losung Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di kelas. Hal ini diakibatkan oleh kesulitan belajar yang dialami siswa dalam mempelajari matematika dan siswa lebih cenderung menghapalkan konsep-konsep matematika, sehingga kemampuan siswa dalam memecahkan masalah sangat rendah. Untuk itu, perlu dilakukan perubahan dalam pengajaran matematika di kelas yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok volume kubus dan balok siswa kelas V SDN 200204 Losung Padangsidimpuan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN 200204 Losung Padangsidimpuan tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 20 siswa dengan 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan lembar observasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik sederhana. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 15% (3 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 45,5, siklus I pertemuan 1 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 35% (7 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 59. Pada siklus I pertemuan 2 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 65% (13 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 66,75. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80% (16 dari 20 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 73,75 dan pada siklus II pertemuan 2 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 95% (19 dari 20 siswa) dan nilai ratarata kelas yaitu 78,75. Dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dan telah mencapai 85% siswa yang tuntas belajar, maka penelitian ini telah dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika meteri pokok volume kubus dan balok siswa kelas V SDN 200204 Losung Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Erawadi dan Almira Amir
Keywords: cooperative learning; group investigation; pemecahan masalah matematika materi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:51
Last Modified: 08 Sep 2020 04:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4808

Actions (login required)

View Item View Item