Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan model pembelajaran mandiri terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII MTsN Batang Angkola

Harahap, Jeli Yanti (2015) Pengaruh penerapan model pembelajaran mandiri terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII MTsN Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Bidang studi matematika merupakan bidang studi yang berguna dan membantu dalam menyelesesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan hitung menghitung atau yang berkaitan dengan angka-angka berbagai macam masalah, yang memerlukan suatu keterampilan dan kemampuan untuk memecahkan masalah tersebut. Kurangnya keaktifan siswa dalam proses belajar disebabkan karena anggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sangat sulit dan membosankan. Pada penelitian ini, penulis meneliti kendala yang dihadapi siswa pada materi SPLDV. Saat belajar materi tersebut, siswa mengetahui apa itu SPLDV. Akan tetapi siswa kurang mampu dalam menyelesaikan masalah perhitungan yang berkenaan dengan SPLDV tersebut. Sehingga penulis mencoba meneliti cara mengatasi permasalahan siswa tersebut dengan menerapkan model pembelajaran mandiri. Dari latar belakang masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran mandiri terhadap kemampuan pemecahan masalah siwa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas MTsN Batang Angkola. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII MTsN Batang Angkola yang terdiri dari 5 kelas sebanyak 175 orang, dan untuk sampelnya diambil dari kelas VIII2 dan VIII4. Dengan jumlah sampel 35 siswa di kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa di VIII2 sebagai kelas kontrol. Kemudian intrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan setelah diberikan perlakuan (posttest). Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni dan Mariam Nasuiton
Keywords: penerapan model pembelajaran; sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:44
Last Modified: 08 Sep 2020 04:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4806

Actions (login required)

View Item View Item