Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran auditory intellectualy repetition (air) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok bangun ruang di kelas v SD Negeri 100010 Simatorkis

Ritonga, Ely Safitri (2015) Pengaruh model pembelajaran auditory intellectualy repetition (air) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok bangun ruang di kelas v SD Negeri 100010 Simatorkis. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 100010 Simatorkis. Peneliti memilih tempat ini karena berdasarkan observasi pra penelitian, siswa SD Negeri 100010 Simatorkis masih memiliki hasil belajar matematika yang rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi adalah guru hanya mengajar dengan cara konvensional saja dan kurang memberikan pengulangan materi kepada siswanya. Sehingga dalam penelitian ini, model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) di duga dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa karena adanya pengulangan (repetition) di setiap akhir pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa tentang materi tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Pokok Bangun Ruang di Kelas V SD Negeri 100010 Simatorkis. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksprimen. Populasi penelitian ini berjumlah 44 orang kemudian yang menjadi sampel adalah kelas V2 berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen yang akan diajarkan dengan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) kemudian kelas V1 berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol dan diajarkan dengan metode ceramah/konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan berganda (multiple choice) yaitu pretest dan post test yang masing-masing terdiri dari 15 butir pernyataan, kemudian dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) pada materi pokok bangun ruang di kelas V SD Negeri 100010 Simatorkis, nilai rata-rata kelas eksprimen dari 56,33 menjadi 84,20 dan rata-rata kelas kontrol dari 55,79 menjadi 77,45. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR); Hasil Belajar Matematika Siswa; Materi Pokok Bangun Ruang
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:39
Last Modified: 08 Sep 2020 04:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4800

Actions (login required)

View Item View Item