Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan advokasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang di MAN Kase Rao-Rao

Yanti, Afrida (2015) Pengaruh pendekatan advokasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang di MAN Kase Rao-Rao. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika banyak terdapat materi yang sulit dan rumit sehingga menimbulkan kebosanan dan permasalahan tersendiri bagi peserta didik dalam belajar matematika, bahkan minat dan motivasi belajar matimatika siswapun menjadi menurun. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman siswa dalam belajar matematika dan berimbas kepada hasil belajar siswa, selain itu karena kurangnya penerapan strategi atau pendekatan pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan latar belakang di atas tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan pendekatan advokasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang di MAN Kase Rao-Rao. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksprimen dengan desain pretest- posttest control group. Dalam penelitian ini yang menggunakan populasi adalah seluruh siswa kelas X MAN Kase Rao-Rao yang berjumlah 73 orang yang terdiri dari tiga kelas yaitu 30 orang di kelas eksprimen, 23 orang di kelas control dan 20 orang sebagai kelas uji coba pretes dan postes. Instrument pengumpulan data yang digunaka adalah tes yaitu pre-test (sebelum diberikan perlakuan) dan post-test (setelah diberika perlakuan). Sedangkan analisis data yang digunakan adalah rumus uji-t. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh t hitung = 1,066 < t tabel = 1,9. oleh karena itu dapat diambil kesimpulan bahwa “tidak terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan pendekatan advokasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang di MAN Kase Rao-Rao”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Sahadir Nasution dan Suparni
Keywords: Matematika; minat belajar; pembelajaran; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:25
Last Modified: 08 Sep 2020 04:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4798

Actions (login required)

View Item View Item