Rahmadani, Seri (2012) Analisis alat tes dalam pembelajaran Fikih di Kelas VIII MTS N 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
083100027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tentang analisis alat tes tertulis yang digunakan oleh guru bidang studi fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan di kelas VIII, mulai dari soal-soal ulangan harian, soal ujian mid semester dan soal ujian semester selama satu semester pada semester ganjil tahun ajaran 2011-2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan alat tes tertulis yang digunakan oleh guru bidang studi fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan, ingin mengetahui validitas isi tes, dan ingin mengetahui validitas konstruksi tes. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan Desa Palopat Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Waktu penelitian ini mulai dilaksanakan bulan November 2011 sampai bulan April 2012. Jenis metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan pendekatan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang yang diamati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah dokumentasi dan wawancara. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis domain (domain analysis). Setelah dilakukan penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa alat tes tertulis pada bidang studi fikih mulai dari ulangan harian, ujian mid semester dan ujian semester yang digunakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan telah memiliki validitas isi secara keseluruhan. Dimana materi pada soal-soal ulangan harian, ujian mid semester dan ujian semester secara keseluruhan materi atau bahan pelajaran yang seharusnya diteskan telah dapat mewakili secara representatif dalam soal tersebut. Begitu juga dengan ujuan pembelajaran yang telah ditentukan pada SK, KD, dan Tujuan pembelajaran jika dibandingkan dengan isi yang terkandung dalam tes, SK, KD, dan tujuan pembelajaran telah tercermin dalam tes ulangan harian tersebut. Dan dari segi validitas konstruksi, alat tes tertulis yaitu ulangan harian, ujian mid semester dan ujian semester yang digunakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan pada bidang studi fikih belum memiliki validitas konstruksi. Dimana masih banyak kesalahan-kesalahan yang terdapat dapat penyusunan soal, seperti kalimat soal, penyusunan urutan-ututan nomor butir soal, dan aspek-aspek berpikir yang belum tercermin dalam soal-soal tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Analisis Alat Tes Tertulis., Pembelajaran Fikih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 08 Sep 2020 03:02 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 03:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4791 |
Actions (login required)
View Item |