Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Usaha guru bimbingan konseling dalam membina kepribadian siswa di SMA Negeri 3 Gunungsitoli

Polem, Cut Nirmala Sari (2015) Usaha guru bimbingan konseling dalam membina kepribadian siswa di SMA Negeri 3 Gunungsitoli. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana keadaan kepribadian siswa di SMA Negeri 3 Gunungsitoli, apa usaha yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dalam membina kepribadian siswa di SMA Negeri 3 Gunungsitoli, dan apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk kepribadian siswa di SMA Negeri 3 Gunungsitoli. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan kepribadian siswa di SMA Negeri 3 Gunungsitoli yang sebenarnya, apa usaha yang dilakukan guru bimbingan konseling dalam membina kepribadian siswa di SMA Negeri 3 Gunungsitoli, dan apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk kepribadian siswa di SMA Negeri 3 Gunungsitoli. Penelitian ini dilakukan dengan analisis kualitatif deskriptif, kualitatif adalah proses penelitian untuk memperoleh data, sedangkan deskriptif yaitu penjelasan atau gambaran tertulis maupun tidak, baik dari orang-orang atau buku-buku yang diteliti. Adapun responden dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yakni guru bimbingan dan konseling yang ada di SMA Negeri 3 Gunungsitoli Adapun hasil penelitian yang di lakukan di SMA Negeri 3 Gunungsitoli yaitu : keadaan kepribadian siswa di SMA Negeri 3 Gunungsitoli yang dilihat dari segi moralitas, tingkah laku, dan etika siswa dikategorikan kurang seperti sopan santun, tidak menghormati teman maupun terhadap guru, ribut dalam kelas, melawan terhadap guru, membuang sampah sembarangan, mencuri dan berambut pirang. Maka dalam hal ini sangat diperlukan peranan guru bimbingan konseling dalam meningkatkan dan membina kepribadian siswa agar dapat lebih baik. Adapun usaha yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dalam membina kepribadian siswa di SMA Negeri 3 Gunungsitoli, yakni melalui mujadalah, melalui peringatan, memberikan bimbingan konseling yang kontinu, sebagai pemberi layanan bimbingan konseling yang berkesinambungan, pemberi siraman rohani berdasarkan agama masing-masing, memberi motovasi dan memperhatikan perkembangan belajar siswa dengan cara menjalin kerja sama antara guru bimbingan konseling dengan guru bidang studi lainnya beserta menjalin hubungan kerja sama dengan orang tua. Sedangkan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk kepribadian siswa, yaitu : faktor pendukung adalah adanya ruangan yang disediakan oleh sekolah, adanya usaha yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dalam membina kepribadian siswa dan faktor penghambat adalah belum terlaksananya pengawasan atau kerja sama guru bimbingan konseling dengan orang tua siswa, sehingga kepribadian mereka kurang dan banyak melakukan pelanggaran-pelanggaran di sekolah dan mereka menganggap bahwa guru bimbingan konseling dengan persepsi negatif dan hanya memberi sanksi disaat mereka mengalami masalah dan melanggar disiplin sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Risdawati Siregar, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Kepribadian; Kepribadian Siswa
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:14
Last Modified: 07 Sep 2020 03:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4772

Actions (login required)

View Item View Item