Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Fitri, Soleha (2015) Implementasi strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0119.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini rendahnya keatifan siswa dalam proses pembelajaran karena terlihat siswa masih banyak diperdapati kurang aktif dalam proses belajar mengajar walaupun komponen-komponen dalam strategi pembelajaran kontekstual sudah diterapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini penelitian ini bagaimana konsep strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan?, bagaimana implementasi strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan?. Apa kendala dalam implementasi strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan?, apa solusi yang diperlukan dalam implementasi strategi pembelajaran kontekstual dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan?. Tujuan untuk mengetahui bagaimana konsep strategi kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, mengetahui implementasi strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, mengetahui apa kendala dalam implementasi strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui solusi yang diperlukan dalam implementasi strategi pembelajaran kontekstual dalam pendidikan agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan agama Islam. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi pembelajaran kontekstual dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metodologi penelitian ini diskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengolahan dan analis data yang digunakan dalam penelitian ini editing data, klasifikasi data, reduksi data, penafsiran data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan kurang baik, karena masih banyak diperdapati siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran walaupun komponen- komponen strategi pembelajaran kontekstual sudah diterapkan dalam Pendidikan Agama Islam. Hal ini disebabkan siswa takut salah dan tidak percaya pada diri sendiri untuk mengatasi hal tersebut guru memberikan nilai plus kepada siswa yang aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Replita, M.Si. dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd
Keywords: Pembelajaran Kontekstual; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:04
Last Modified: 07 Sep 2020 03:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4771

Actions (login required)

View Item View Item