Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan K.H. Ahmad Dahlan dalam pengembangan pendidikan Islam

Lubis, Siti Kholijah (2015) Peranan K.H. Ahmad Dahlan dalam pengembangan pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Islam secara teoritis merupakan proses penanaman nilai-nilai kebebasan dan kemerdekaan yang berlandaskan Islam kepada peserta didik yang bertujuan untuk mentrasmisikan yang digariskan Allah Swt kepada manusia baik sebagai ‘abdun maupun sebagai khalifah fil ‘ardi. Konsep abdun merupakan suatu realitas yang berkaitan dengan konsep ketauhidan yang mengatur hubungan antara khaliq dengan makhluk, sedangkan khalifah berkaitan dengan hubungan manusia dengan sesama maupun lingkungan sekitar. Penulisan skripsi ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana pandangan K.H. Ahmad Dahlan tentang pendidikan Islam (2) untuk mengetahui apakah faktorfaktor yang mempengaruhi pemikiran K.H. Ahmad Dahlan dalam pengembangan pendidikan Islam (3) untuk mengetahui bagaimana peranan K.H. Ahmad Dahlan dalam pengembangan pendidikan Islam. Berdasarkan jenis penelitian maka penelitian ini merupakan penelitian tokoh. Untuk mendapatkan data yang berkenaan dengan peranan K.H. Ahmad Dahlan dalam pengembangan pendidikan Islam. Untuk memperoleh data-data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan riset perpustakaan (library research). Peranan Ahmad Dahlan dalam mengembangkan pendidikan Islam, di antaranya adalah memurnian ajaran-ajaran Islam dari khurafat, bid’ah dan tahayyul. Ahmad Dahlan juga mengajak umat Islam keluar dari pemikiran-pemikiran yang tradisional ke cara berfikir yang modern yang lebih bisa diterima oleh rasio, pembaharuan kurikulum seperti mata pelajaran al-Islam yang diajarkan di sekolahsekolah Muhammadiyah meliputi sub-sub mata pelajaran Al-Qur’an, Hadits, Akidah, Ibadah, dan Muamalah, Akhlak dan Tarikh Islam. Dan mendirikan lembaga pendidikan seperti pondok yang lebih tepat disebut dengan asrama atau pemondokan untuk menampung para pelajar dari luar daerah yang belajar di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Errawadi dan Abdul Sattar Daulay
Keywords: Pengembangan pendidikan Islam; K.H. Ahmad Dahlan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:27
Last Modified: 07 Sep 2020 03:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4769

Actions (login required)

View Item View Item