Ilmiah, Nur (2015) Kompetensi sosial guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan interaksi sosial sesama guru di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 310 0078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SESAMA GURU DI SMA NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN” Maka muncul rumusan masalah dalam penelitiaan ini, Bagaimana kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Bagaimana implementasi kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan interaksi sosial di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui implementasi kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan interaksi sosial di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Adapun untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini maka digunakan metode penelitian deskriptif, yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan atau mendeskrifsikan objek sesuai apa adanya. Dan penelitian deskriptif ini pada umumnya dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan secara sistematis fakta dan krakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Instrument pengumpulan data digunakan observasi dan wawancara tidak terstruktur. Adapun responden dalam penelitian ini guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru-guru yang mengajar di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Setelah penelitian ini dilakukan kepada responden, maka diperoleh hasil bahwa Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 5 Padangsidimpuan adalah dapat berinteraksi, berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan sesama pendidik dan tenaga kependidikan, saling memberikan pendapat dan saling menasehati, dan bergaul secara efektif dengan orang tua /wali peserta didik dan masyarakat, guru tidak melupakan dirinya sebagai bagian dari masyarakat yang ikut memberikan perobahan dalam lingkungan masyarakatnya. Implementasi kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan interaksi sosial di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan yaitu, guru yang mampu menerapkan kompetensi sosial yang dimilikinya dalam lingkungan sekolah, yaitu dapat berinteraksi secara efektif kepada sesama pendidik, dapat berinteraksi kepada kepala sekolah dengan baik dalam membicarakan keadaan-keadaan sekolah, santun kepada peserta didik sebagai contoh yang patut untuk ditiru. Dan dalam lingkungan masyarakat guru Pendidikan Agama Islam dapat menyesuaikan dirinya sebagai bagian dari masyarakat yang ikut berperan dalam mensejahterakan lingkungan masyarakatnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj.Zulhimma,S.Ag.,M.Pd dan Akhiril Pane,S.Ag.M.Pd |
Keywords: | Kompetensi sosial guru pendidikan agama islam,Interaksi sosial |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 09:37 |
Last Modified: | 07 Sep 2020 07:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4751 |
Actions (login required)
View Item |