Suryani, Dewi Anna (2015) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok bangun datar di kelas vii SMP Negeri 1 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
103300046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Batang Angkola yang jauh dari yang diharapkan. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar ini diakibatkan kurang tepatnya guru dalam menerapkan metode yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa. Sehingga siswa kurang tertarik dengan pelajaran yang dijelaskan oleh guru dan berakibat pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok bangun datar di kelas VII SMP Negeri 1 Batang Angkola. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Angkola tahun ajaran 2014-2015 sebanyak 109 siswa, sedangkan sampelnya sebagian dari populasi yaitu kelas VIIA 23 siswa dan kelas VIIB 23 siswa yang diambil secara cluster random sampling yaitu memilih secara acak dari seluruh kelas VII. Instrument pengumpulan data adalah tes. Dalam pelaksanaaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two di kelas VIIA, motivasi dan aktifitas belajar siswa semakin meningkat dan suasana kelas menjadi lebih bergairah sehingga hasil belajar siswa meningkat dari sebelumnya. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh maka nilai rata-rata kelas eksprimen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Mariam Nasution, M.Pd |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two; Hasil Belajar Matematika ; Materi Pokok Bangun Datar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 04:01 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 04:01 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4742 |
Actions (login required)
View Item |