Hasibuan, Lestari Nur Ahyarni (2015) Faktor penghambat keberhasilan orang tua dalam mengajari anak membaca Al-Qur’an di Desa Tanjung Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padanglawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 310 0284.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor apa saja yang menjadi penghambat keberhasilan orang tua dalam mengajari anak membaca Al-Qur’an di desa Tanjung, apa saja upaya orang tua dalam mengajari anak membaca Al-Qur’an di desa Tanjung. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja menjadi penghambat keberhasilan orang tua dalam mengajari anak membaca Al-Qur’an di desa Tanjung, untuk mengetahui bagaimana upaya orang tua dalam mengajari anak membaca Al-Qur’an di desa Tanjung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk menggambarkan gejala-gejala atau kejadian-kejadian yang terjadi secara fakta. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak umur 7 sampai 12 tahun yang berdomisili di desa Tanjung, adapun teknik pengumpualan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan pembahasan dan penelitian maka diperoleh hasil: kemampuan anak membaca Al-Qur’an di desa Tanjung dari segi kefasihan atau kelancaran dan segi makhraj tergolong kurang. Faktor penghambat keberhasilan orang tua dalam mengajari anak membaca Al-Qur’an yaitu: kurangnya perhatian terhadap anak, diantaranya orang tua tidak memperhatikan anak membaca Al-Qur’an di rumah maupun di rumah khusus pengajian anak-anak, kurangnya waktu orang tua untuk mengajari anak disebabkan orang tua sibuk mencari nafkah, kurangnya pengetahuan orang tua membaca Al-Qur’an dan membuat orang tua kesulitan dalam mengajari anak-anak membaca Al-Qur’an, orang tua memarahi anak. Upaya orang tua dalam mengajari anak membaca Al-Qur’an di desa Tanjung adalah: mendidik anak membaca Al-Qur’an diantaranya dengan memberikan nasehat terhadap anak, memberikan sarana-sarana penunjang dalam belajar membaca Al-Qur’an diantaranya berupa menempelkan huruf-huruf hijaiyah pada dinding rumah, membelikan Al- Qur’an, amma’ buku iqra dan buku tajwid, memberikan motivasi pujian dan hadiah sewajarnya terhadap anak, memasukkan anak ke tempat pendidikan Al-Qur’an (TPA).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Sahadir Nasution, M.Pd dan H. Ismail Baharuddin, MA |
Keywords: | Al-Qur'an |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 03:30 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 03:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4741 |
Actions (login required)
View Item |