Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media video dalam meningkatkan pemahaman fikih pada materi shalat kelas VII Di MTs N Binanga

Daulay, Karati (2015) Penggunaan media video dalam meningkatkan pemahaman fikih pada materi shalat kelas VII Di MTs N Binanga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 310 0244.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa banyak terdapat siswa yang belum bisa mempraktekkan shalat yang baik beserta dengan bacaanya. Mereka lebih suka bermain-main daripada mengerjakan shalat ketika masuk waktu zuhur di sekolah.Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media video dalam meningkatkan pemahaman fikih pada materi shalat kelas VII-2 Di MTs N Binanga. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media video dapat meningkatkan pemahaman fikih pada materi shalat kelas VII-2 Di MTs N Binanga. Kemudian kegunaan penelitian secara akademis untuk memberikan konsultasi kepada guru untuk menerapkan media video dalam shalat sedangkan secara praktis untuk memotivasi guru untuk menerapkan media video pada pembelajaran shalat. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan penggunaan media video terhadap pemahaman fikih khususnya pokok bahasan shalat.Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan media pembelajaran, media video, pemahaman fikih pada shalat. Penelitian ini merupakan penelitiantindakankelasyaitupenelitian tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu praktik pembelajaran. Prosedur penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahapan meliputi: Perencanaan tindakan, Tindakan, Pelaksanaan observasi (pengamatan), dan Refleksi. Kemudian terdisri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi dan test. Hasil penelitian ini setelah dilakukan tindakan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman fikih pada materi shalat kelas VII di MTs N Binanga. Pada siklus I pertemuan 1 sebesar 54,83%, pada pertemuan 2 meningkat sebesar70,96% sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar74,19%, kemudian meningkat lagi pada pertemuan 2 menjadi 96,77%, Kemudian hasil observasi yang dilakukan sebesar 80,64%. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran shalat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Tatta Herawati Daulae dan Lelya Hilda
Keywords: Media pembelajaran; pemahaman siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:30
Last Modified: 04 Sep 2020 03:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4731

Actions (login required)

View Item View Item