Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kemampuan guru dalam penetapan metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri Sibulele Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Hasibuan, Efrina (2015) Kemampuan guru dalam penetapan metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri Sibulele Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
093100166.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Yang melatar belakangi penelitian ini adalaah motivasi belajar pendidikan agama Islam di SD Negeri Sibulele masih jauh dari apa yang diharapkan. Masih sering dijumpai siswa acuh tak acuh menerima pelajaran, tidak membuat pekerjaan rumah, catatan dan tidak mengulangi pelajarannya kembali. Di samping itu para guru kurang berperan dalam meningkatakan motivasi belajar siswa, sehingga motivasi belajar siswa jauh dari apa yag diharapkan. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu bagaimana proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri Sibulele dalam menetapkan metode pembelajaran, dan apa kelemahan guru dalam penetapan metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri Sibulele. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri Sibulele, dan menggambarkan strategi guru dalam menetapkan metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri Sibulele dan menjelaskan kelemahan guru dalam penetapan metode pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri Sibulele. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif dan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan analisis deskriftif kualitatif. Dari penelitian ini diketahui bahwa proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri Sibulele kurang baik, guru pendidikan agama Islam hanya menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab. Hal ini tentu mengakibatkan siswa kurang termotivasi belajar pendidikan agama Islam, sehingga mengakibatkan siswa kurang tertarik belajar agama Islam. Selain itu penggunaan media pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam sangat kurang, hal ini disebabkan media yang tersedi sangat terbatas. Guru pendidikan agama Islam di SD Negeri Sibulele belum mampu menetapkam metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, ditambah dengan media pembelajaran yang tidak sesuai dan kuraang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin, M.Ag dan Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd
Keywords: Guru; Penetapan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 03 Sep 2020 08:41
Last Modified: 03 Sep 2020 08:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4721

Actions (login required)

View Item View Item