Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan motivasi berprestasi belajar PAI materi akhlak siswa kelas viii melalui pemberian motivasi guru di SMP Negeri 4 Bulusonik Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas

Siregar, Samrina (2015) Upaya meningkatkan motivasi berprestasi belajar PAI materi akhlak siswa kelas viii melalui pemberian motivasi guru di SMP Negeri 4 Bulusonik Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 310 0265.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI materi akhlak berefek dari kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya motivasi siswa mengikuti pelajaran yang ditandai tidak ada perhatian siswa ketika guru menerangkan materi pelajaran, siswa yang bermain disaat pelajaran berlangsung, tidak adanya tanggapan dan pertanyaan terhadap materi, tidak mengerjakan tugas, dan siswa terlambat masuk dalam pembelajaran di kelas. Yang menjadi rumusan masalah adalah” Apakah pemberian motivasi guru dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) materi akhlak siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bulusonik Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Sejalan dengan rumusan di atas, maka penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI materi akhlak melalui pemberian motivasi guru di kelas VIII SMP Negeri 4 Bulusonik Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. kajian pustaka yang isinya mencakup pengertian prestasi belajar PAI, faktorfaktor yang mempengaruhi prestasi belajar PAI, indikator prestasi belajar siswa, pengertian motivasi belajar, macam-macam motivasi, bentuk-bentuk motivasi,, fungsi motivasi belajar, peranan motivasi dalam belajar, upaya meningkatkan motivasi dalam belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, tujuan pendidikan agama Islam, penelitian terdahulu, hipotesis tindakan Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat kali pertemuan (2 Siklus). Pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, sedangkan pada siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi atau hasil belajar pada bidang studi PAI materi akhlak di kelas VIII SMP Negeri 4 Bulusonik Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Dengan rincian pada hasil tes pra tindakan jumlah siswa yang tuntas ada 3 orang dari 21 siswa atau 14% dari total jumlah siswa, sedangkan pada pertemuan pertama (Siklus I) jumlah siswa yang tuntas berjumlah 7 orang (33,33%) dengan nilai rata-rata 70,23 dan pada pertemuan kedua (Siklus I) jumlah siswa yang tuntas bertambah menjadi 12 orang (57%) dengan nilai rata-rata 74,95, sedangkan pada pertemuan ketiga (Siklus II) jumlah siswa yang tuntas 17 orang (80,95% ) dengan nilai rata-rata 80,95 dan pada pertemuan keempat (Siklus II) jumlah siswa yang tuntas bertambah menjadi 19 orang (90%) dengan nilai rata-rata 88,33.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra.Asnah,M.A dan Hj.Asfiati.,S.Ag.,M.Pd
Keywords: Motivasi belajar, Akhlak, motivasi guru
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 03 Sep 2020 08:35
Last Modified: 03 Sep 2020 08:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4711

Actions (login required)

View Item View Item