Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan penghayatan Asmaul Husna siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panyabungan Utara

Hasibuan, Siti Aisyah (2015) Penggunaan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan penghayatan Asmaul Husna siswa kelas VII SMP Negeri 1 Panyabungan Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 310 0175.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Kurangnya penghayatan siswa terhadap Asmaul Husna dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, berefek dari pendekatan yang dilakukan guru, karena pembelajaran terfokus pada menonton dan menekankan untuk mencatat dan menghapalkan materi. Sehingga motivasi/dorongan siswa untuk mengetahui makna dari hasil yang mereka hapalkan atau rasakan tidak ada. Oleh karena itu penghayatan siswa tidak nampak dari perwujudan, baik dari tindakan beribadah, membaca dan menumbuhkan kesadaran untuk berperilaku yang baik. Dengan keadaan seperti ini menyebabkan kurangnya penghayatan siswa dalam menjalankan ajaran agama. Melihat fakta tersebut, perlu adanya perbaikan dan dikembangkan melalui pendekatan atau model dalam belajar agar dapat meningkatkan penghayatan Asmaul Husna siswa, karena pelajaran pendidikan agama Islam membahas tentang konsep, sehingga perlu dipahami dengan melihat konteksnya, maka pendekatan atau model yang akan diterapkan menurut peneliti dengan menggunakan contextual teaching and learning (CTL). Berdasarkan hal tersebut dirumuskan masalah yaitu “ Apakah dengan Penggunaan contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dapat meningkatkan penghayatan Asmaul Husna siswa kelas VII-1 SMP Negeri I Panyabungan Utara ? Sejalan dengan rumusan masalah di atas, maka penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan penghayatan Asmaul Husna siswa melalui penggunaan contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII-1 SMP Negeri I panyabungan Utara. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus tiga kali pertemuan. Pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, sedangkan siklus II satu kali pertemuan, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil refleksi I menjadi bahan acuan untuk melanjutkan siklus II. Dalam penelitian peneliti bertindak sebagai observer. Adapun instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan lembar kerja siswa (LKS). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dengan Penggunaan contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan penghayatan Asmaul Husna siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Panyabungan Utara. Dengan hasil observasi perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap Asmaul Husna sebagai berikut: (1) Mengucapkan/melafalkan Asmaul Husna dan artinya pada pertemuan pertama 7 orang persentase 43.75%, pertemuan kedua 11 orang persentase 68.75 % dan pertemuan ketiga 14 orang 87.5%. (2) Mengamati alam Ciptaan Allah sebagai pemilik Asmaul Husna pada pertemuan pertama 5 orang persentase 31.25%, kedua 9 orang persentase 56.25 % dan pertemuan ketiga 12 orang persentase 75 %. (3) Menghubungkan sifat Asmaul Husna dengan kehidupan nyata pada pertemuan pertama 5 orang persentase 31.25 %, kedua 7 orang persentase 43.75 % dan pertemuan ketiga 12 orang sebesar 75%. Dengan hasil observasi, maka hasil pernyataan/dorongan yang kuat untuk melakukan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari diungkapkan dihasil lembar kerja siswa (LKS). Sebagai perilaku orang yang menghayati Asmaul Husna meningkat pada pertemuan pertama siklus I 4 orang siswa 25 %, pertemuan kedua siklus I 9 orang siswa 56.25 % pertemuan ketiga siklus II 13 orang siswa 81.25 %

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd
Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL); Penghayatan Asmaul Husna; SMP Negeri 1 Panyabungan Utara
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:15
Last Modified: 03 Sep 2020 04:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4700

Actions (login required)

View Item View Item