Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Surat Al-Balad Ayat 10-17

Hasan, Hasan (2015) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Surat Al-Balad Ayat 10-17. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 310 0103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “ Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Surat Al-Balad Ayat 10-17”. Yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana penafsiran surat al-Balad ayat 10-17 serta apa sajakah nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam surah al-Balad ayat 10-17. Tujuan penulisan skripsi ini adalah ingin mengetahui penafsiran surat al-Balad ayat 10-17 dan menganalisa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam surat al-Balad ayat 10-17. Data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah data yang bersifat primer maupun sekunder. Sumber primer adalah data yang diperoleh dari sumber inti. Dalam melakukan kajian mengenai suatu ayat, maka jelaslah kalau yang menjadi sumber data primer adalah berasal dari al Qur’an, tepatnya pada Q.S. al-Balad ayat 10-17 dalam Tafsir Al-Misbah. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber lain yang masih berkaitan dengan masalah penelitian, dan memberi interpretasi terhadap sumber primer. Sumber data sekunder dapat berupa kitab-kitab tafsir yaitu Tafsir Al-Maraghi, Tafsir Ibn Katsir, dan Tafsir Al-Azhar, maupun bukubuku bacaan yang masih relevan dengan pembahasan tulisan ini. Dalam menyusun penelitian ini, penulis menggunakan metode library research. Library research adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Metode yang digunakan dalam menganalisis tulisan ini adalah metode tahlili. Metode ini menguraikan makna yang dikandung oleh al-Qur’an, ayat demi ayat, sesuai dengan urutannya di dalam al-Qur’an. Uraian tersebut mencakup berbagai aspek yang dikandung oleh ayat yang ditafsirkan, seperti pengertian kosakata, konotasi kalimatnya, latar belakang turun ayat, kaitannya dengan ayat-ayat lain, baik sebelum maupun sesudahnya. Kajian ini menunjukkan bahwa dalam Q.S. al-Balad ayat 10-17 terdapat nilainilai pendidikan akhlak yang meliputi : (1) Nilai Pemberani (As-Saja’ah) (2) Nilai Rasa Persaudaraam (Al-Ikhaa), (3) Nilai Belas Kasih atau Sayang (Asy-Syaqafah). (4) Nilai Tanggung Jawab dan Belas Kasih Kepada Yatim (Asy-Syaqafah lil yatama). (5) Nilai Belas Kasih Kepada Orang Miskin (Asy-Syaqafah lil masaakin). (6) Nilai Keimanan (al-Amnu). (7) Nilai Nasihat Untuk Kesabaran dan. (8) Nilai Kasih Sayang (An-Nasihah bi as-shobru wa al-marhamah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muslim Hasibuan dan Akhiril Pane
Keywords: Nilai-nilai pendidikan; akhlak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:24
Last Modified: 03 Sep 2020 04:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4696

Actions (login required)

View Item View Item