Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan metode resitasi dalam meningkatkan minat belajar pendidikan agama islam siswa SD Negeri No.101232 Purbatua Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Gustina, Gustina (2015) Penggunaan metode resitasi dalam meningkatkan minat belajar pendidikan agama islam siswa SD Negeri No.101232 Purbatua Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113100011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang mengabaikan tugas yang diberikan. Hanya 29,41% orang dari lokal yang mengerjakan sendiri. Walaupun hukuman kepada siswa yang tidak mengerjakan tugas yaitu membersihkan kamar mandi, siswa tidak menghiraukan hukuman tersebut. Mereka lebih baik membersihkan kamar mandi daripada mengerjakan tugas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa SD Negeri No. 101232 Purbatua Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode resitasi dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa SD No. 101232 Purbatua Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Metodologi Pembelajaran, Psikologi, dan Pendidikan Agama Islam. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan ilmu tersebut yaitu tentang minat, metode resitasi, belajar, dan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu praktik pembelajaran. Prosedur penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahap setiap siklus, setiap siklus tindakan meliputi: Perencanaan tindakan, Tindakan, Pelaksanaan observasi (pengamatan), dan Refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dan angket. Hasil penelitian ini setelah dilakukan tindakan menunjukkan adanya peningkatan minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 17,64%, pada pertemuan 2 meningkat sebesar 41,17% sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 64,70%, kemudian meningkat lagi pada pertemuan 2 menjadi 88,23%, Kemudian hasil angket minat siswa dari 60,75% meningkat menjadi 79,31%. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam SD Negeri No.101232 Purbatua Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Lelya Hilda, M.Si dan Lis Yulianti Syafrida Siregar, S. Psi.,M. A
Keywords: Meningkatkan Minat Belajar., Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 03 Sep 2020 03:24
Last Modified: 03 Sep 2020 03:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4688

Actions (login required)

View Item View Item