Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan metode plantet question dalam meningkatkan motivasi belajar pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN Marenu

Siregar, Nurhabibah (2015) Penggunaan metode plantet question dalam meningkatkan motivasi belajar pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN Marenu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0115.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya motivasi belajar matematika siswa di kelas VIII MTsN Marenu, selama proses pembelajaran disebabkan metode yang digunakan guru lebih sering dengan metode pembelajaran yang konvensional. Sehingga perlu melakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menerapkan metode plantet question agar siswa ikut secara aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan metode plantet question dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN Marenu. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan metode plantet question dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN Marenu.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Marenu. Dengan subjek penelitian kelas VIII-3 yang berjumlah 35 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Analisis data yaitu analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui metode plantet question pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN Marenu. Pada setiap indikator yaitu rata-rata motivasi belajar matematika siswa pada siklus I 53,34% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 81,24%, peningkatan yang terjadi adalah 27,90%. Sedangkan peningkatan yang terdapat dalam angket adalah dilihat dari rata- rata motivasi belajar matematika siswa pada siklus I 68,92% meningkat pada siklus II dengan rata- rata 94,99%. Hasil penelitian tersebut telah mencapai harapan dalam penelitian ini. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode plantet question dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTsN Marenu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A
Keywords: Metode plantet question; Motivasi belajar siswa; Lingkaran
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:16
Last Modified: 03 Sep 2020 02:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4684

Actions (login required)

View Item View Item