Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran role playing dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial di kelas VII-A siswa SMP Negeri 1 Batang Angkola

Rahmadani, Laila (2015) Penerapan model pembelajaran role playing dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial di kelas VII-A siswa SMP Negeri 1 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika di kelas VII-A menunjukkan masih banyak siswa yang kurang aktif, kurang memperhatikan, dan kurang memahami. Salah satu penyebab kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah sistem belajarnya yang monoton atau ceramah saja, selain itu siswa juga tidak pernah menanyakan pembahasan yang kurang dimengerti, dan soal-soal yang diberikan guru tidak semua siswa mau mengerjakannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas VII-A siswa SMP Negeri 1 Batang Angkola, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan model pembelajaran role playing pada materi aritmatika sosial di kelas VII-A siswa SMP Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-A siswa SMP Negeri 1 Batang Angkola yang beralamat di Jl Mandailing KM 17,5 Sigalangan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2014-2015 yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 24 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil observasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran role playing pada siklus I pertemuan ke-1 kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah yaitu rata-rata 26% kemudian pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 45,33% peningkatan ini masih jauh dari apa yang diharapkan sehingga penelitian ini harus dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II pertemuan ke-1 kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menjadi 71,66% kemudian pada pertemuan ke-2 yaitu 81,66%. Sedangkan hasil tes pada siklus I pertemuan ke-1 dengan rata-rata 20,83%, pertemuan ke-2 meningkat yaitu 37,5%. Dan pada siklus II pertemuan ke-1 dengan rat-rata 62,5% meningkat pada pertemuan ke-2 yaitu 79,16%. Berdasarkan hasil observasi dan tes dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran role playing berhasil dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII-A siswa SMP Negeri 1 Batang Angkola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Role playing; Kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:09
Last Modified: 03 Sep 2020 02:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4683

Actions (login required)

View Item View Item