Zuhailah, Zuhailah (2015) Problematika pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latarbelakang penelitian ini adalah dimana problematika pada pembelajaran matematika khususnya di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan masih menggunakan metode dan pendekatan yang bersifat monoton dalam pembelajaran, dan guru belum sepenuhnya dapat menanamkan pencapaian konsep yang baik dalam pembelajaran dan tidak menghubungkannya dalam kehidupan sehari- hari. Akibatnya siswa cepat lupa terhadap materi pembelajaran matematika, tidak bisa ditangkap dan siswa tidak dapat menjawab soal- soal yang diberikan guru dan pemanfaatan media dalam pembelajaran matematika kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran (kondisi objektif) pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, untuk mengetahui problematika penguasaan materi/ isi pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan,untuk mengetahui problematika strategi dan metode pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan,untuk mengetahui problematika penggunaan media pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tahap pertama penelitian ini adalah memahami dengan utuh situasi dan kondisi problematika dalam proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Setelah itu menganalisis kategori problematika pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari observasi, dan wawancara. Sedangkan untuk pengelolaan dan analisis data digunakan teknik analisis komparasi konstan. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa problematika dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan adalah kondisi siswa pada saat pembelajaran berlangsung siswa mengantuk, dan tidak konsen sehingga siswa tidak mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Sarana pembelajaran yang digunakan guru saat mengajar berupa rol panjang dan buku panduan SMP, guru menguasai materi tetapi guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, guru tidak mengkaitkan pembelajaran dengan kondisi kehidupan seharihari, dan dengan tidak melibatkan beberapa media yang dapat membuat siswa tidak jenuh dan mampu memahami dalam pembelajaran pada materi penjumlahan dan perkalian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Anhar, M.A dan Suparni, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Problematika; Pembelajaran matematika |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 01:34 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 01:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4679 |
Actions (login required)
View Item |