Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kemampuan siswa dalam menjawab soal pada materi pokok pecahan di kelas III SD 200512 Salambue Padangsidimpuan

Lubis, Rahma Syahriani (2015) Analisis kemampuan siswa dalam menjawab soal pada materi pokok pecahan di kelas III SD 200512 Salambue Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adanya permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan pecahan masih rendah. Hal ini dilihat dari hasil belajar matematika materi pecahan dimana nilai rata-rata yang diperoleh siswa belum mencapai nilai standar KKM. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan soal pecahan dan faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menjawab soal materi pecahan. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 200512 Salambue Padangsidimpuan yang berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 12 siswidan 8 siswa. Dimana dalam penentuan sampelnya dilakukan secara sengaja (purposive sampling) Kemudian instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam bentuk analisis kualitatif deskriptif yaitu menganalisa dan menyajikan fakta secara sistematis. Adapun informan penelitian ini adalah siswa dan wali kelas III SD Negeri 200512 Salambue Padangsidimpuan. Adapun hasil penelitian ini kemampuan yang dimiliki siswa di kelas III SD Negeri 200512 Salambue pada materi pecahan masih memiliki kemampuan yang rendah, hal ini dilihat dari hasil tes yang dilakukan bahwa dari 20 siswa hanya sekitar 35% siswa yang kemampuan tinggi. Dimana yang lulus dalam mengerjakan soal yang diberikan adalah 7 orang siswa. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif siswa adalah faktor internal dan faktor eksternal. Dimana faktor internal yang bersumber dari diri pribadi manusia yang meliputi : bakat dan intelegensi, minat, motivasi, dan kesehatan. Faktor eksternal yang bersumber dari luar diri manusia yang meliputi : faktor keluarga, sekolah, dan lisngkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Ahmad Nizar Rangkuti,S.Si.,M.Pd dan Hj.Nahriyah Fata,S.Ag.,M.Pd
Keywords: Analisis kemampuan, Materi pecahan
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:20
Last Modified: 03 Sep 2020 04:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4676

Actions (login required)

View Item View Item