Siregar, Yoan Puspita (2015) Peningkatan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan bangun ruang melalui penerapan model pembelajaran snowball throwing siswa kelas V-A SDN 200515 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pemahaman konsep matematika siswa masih kurang menguasai konsep-konsep yang diajarkan, sehingga siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal-soal siswa masih rendah khususnya materi kubus dan balok. Hal ini disebabkan dalam mata pelajaran matematika. Untuk itu diperlukan suatu penyelenggaraan dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, salah satu upaya mengatasi masalah tersebut adalah melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing, karena dapat Melatih siswa untuk belajar mandiri. Rumusan masalah adalah Apakah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang siswa kelas V-A SDN 200515 Padangsidimpuan?, sedangkan tujuan penelitiannya ialah untuk mengungkapkan atau mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang kelas V-A di SDN 200515 Padangsidimpuan. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reasearch) yang dilakukan dengan metode siklus. Satu siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian dalam pendidikan yang bersifat kolaboratif. Instrument Pengumpulan Data yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah Tes dan Observasi. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh bahwa penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas V-A SDN 200515 Padangsidimpuan. Diperoleh pada tes awal persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 34,16% (9 dari 26 siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 56,86, siklus 1 pertemuan 1 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 42,85%(12 dari 28 siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 65,35. Pada siklus 1 pertemuan 2 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 62,95% (17 dari 28 siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 69,75. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 1 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75,00% (21dari 28 siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 73,67, dan pada siklus 2 pertemuan 2 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 89,28% (25 dari 28 siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 84,73. Dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dan telah mencapai ketuntasan belajar siswa, maka penelitian ini telah dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mariam Nasution, M.Pd dan Suparni, S.Si.,M.Pd |
Keywords: | Bangun ruang; Model pembelajaran snowball throwing |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 09:34 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 09:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4673 |
Actions (login required)
View Item |