Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan benda konkret abakus biji dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan di kelas ii SD Negeri 0512 Bonal Jae Batu Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas

Pulungan, Agussalim (2015) Pemanfaatan benda konkret abakus biji dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan di kelas ii SD Negeri 0512 Bonal Jae Batu Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
103300003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini dapat dilihat pada siswa kelas II SDN 0512 Bonal Jae Batu Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas yang masih kesulitan dalam mempelajari matematika dan menyelesaikan soal-soal khususnya pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan. Hal ini dikarenakan guru belum mampu memilih benda konkret yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan. Salah satu benda konkret yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran pada materi penjumlahan dan pengurangan adalah dengan memanfaatkan benda konkret abakus biji. Berdasarkan permasalahan di atas, maka apakah benda konkret abakus biji dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 0512 Bonal Jae Batu?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas 2 SDN 0512 Bonal Jae Batu Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas dengan memanfaatkan benda konkret abakus biji. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus dimana dalam 1 siklus 2 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dari hasil belajar yang yang diambil dari pemberian tes pada akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 0512 Bonal Jae Batu Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas yang berjumlah 26 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2015. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat meningkat dengan memanfaatkan benda konkret abakus biji. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari sebelum siklus adalah 59,17 dengan persentase ketuntasan belajar 37,50 % dengan jumlah siswa yang tuntas 9 orang. Sedangkan pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang tuntas 12 orang dengan persentase ketuntasan 46,15% dengan nilai rata-rata 61,92. Kemudian pada siklus I pertemuan II siswa yang tuntas adalah 16 orang dengan rata-rata 68,40 dan persentase ketuntasan 64%. Kemudian pada siklus II pertemuan I siswa yang tuntas adalah 17 dengan nilai rata-rata kelas 70,00 dengan persentase ketuntasan 73,91%. Dan yang terakhir pada siklus II pertemuan II siswa yang tuntas sebanyak 21 orang dengan rata-rata kelas 70,38 dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 84%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mariam Nasution, M.Pd dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Benda Konkret Abakus Biji, Hasil Belajar Penjumlahan; Pengurangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 03 Sep 2020 03:29
Last Modified: 03 Sep 2020 03:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4670

Actions (login required)

View Item View Item