Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan media gambar dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada materi perkalian siswa kelas ii- a MIN Sihadabuan Padangsidimpuan

Dalimunthe, Mentari Gita Cahyani (2014) Pemanfaatan media gambar dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada materi perkalian siswa kelas ii- a MIN Sihadabuan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
103300101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah keabstrakan matematika yang menyebabkan rendahnya hasil belajar pada materi perkalian siswa kelas II-A Min Sihadabuan Padangsidimpuan. Keabstrakan ini menyulitkan siswa dalam menyelesaikan operasi perkalian sehingga siswa membutuhkan adanya perantara atau media agar materi pelajaran tampak konkrit bagi siswa. Disamping itu dengan pemanfaatan media ini diharapkan dapat mengaitkan antara materi pelajaran dengan kehidupan siswa sehari-hari. Yang dalam hal ini adalah tentang pemanfaatan media gambar di MIN Sihadabuan Padangsidimpuan. Sesuai dengan latar belakang diatas, yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian di kelas II-A MIN Sihadabuan Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas II-A Min Sihadabuan. Sebelum tindakan dilaksanakan siswa terlebih dahulu diberikan tes tulis berupa soal perkalian yang akan digunakan sebagai acuan pelaksanaan siklus. Sebagai proses pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang melalui 4 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dari penelitian dan hasil tindakan yang telah dilaksanakan serta observasi yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa dengan pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar pada materi perkalian siswa kelas II-A Min Sihadabuan Padangsidimpuan. dimana sebelum pelaksanaan siklus pertama dilakukan, nilai rata-rata kelas siswa adalah 60,41 dengan persentase ketuntasan belajarnya adalah 41,66%. Dengan jumlah siswa yang tuntas 10 orang dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 24 orang siswa. Setelah pelaksanaan pembelajaran dengan pemanfaatan media gambar pada siklus I, dengan waktu pelaksanaan tindakan sebanyak 2 kali pertemuan, jumlah siswa yang tuntas 16 Orang dengan nilai rata-rata 68,33 dan persentase ketuntasan belajarnya 66,66% dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas adalah 22 orang dengan nilai rata-rata 81,66 dan persentase ketuntasannya adalah 91,66%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Media Gambar; Hasil Belajar; Materi Perkalian
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 03 Sep 2020 03:38
Last Modified: 03 Sep 2020 03:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4669

Actions (login required)

View Item View Item