Syahlan, Rizki (2015) Penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningakatkan kreativitas belajar matematika siswa di kelas XI Madrasah Aliyah Musthafawiyah Purba Baru. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0075.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran masih monoton sehingga siswa mudah bosan dan merasa jenuh. Selain metode yang digunakan guru pendekatan yang dilakukannya pun belum tepat sehingga siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Sehingga kreativitas belajar matematika siswa masih rendah dan nilai hasil belajar yang diperoleh siswa masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunakan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa di kelas X1 Madarasah Aliyah Musthafawiyah Purba Baru. Dalam penelitian yang menjadi objek penelitian adalah siswa kelas X1 Madarasah Aliyah Musthafawiyah Purba Baru yang berjumlah 37 siswa yang semuanya terdiri dari siswa laki-laki. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang dilakukan yang didukung oleh tes hasil belajar. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan didukung oleh tes hasil belajar. Di dalam analisis data observasi ada dua data pokok yaitu proses dan data hasil. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik komparasi (membandingkan) yaitu membandingkan kondisi antara siklus pertama dengan siklus kedua. Pada tes awal yang dilakukan kreativitas belajar matematika siswa mendapatkan hasil masih rendah yaitu 24, 32%, kemudian ada peningkatan pada pertemuan kedua dimana setiap indikator-indikator dari kreativitas dan tes matematika siswa meningkat yaitu 51,35%. Karena peningkatan kreativitas belajar matematika siswa belum memenuhi dari aspek yang diamati maka dilanjutkan pada siklus kedua, yaitu pada pertemuan pertama inidikator-indikator kreativitas dan tes yang diberikan ada peningkatan dengan presentase 64,86%. Pada pertemuan kedua siklus kedua mengalami peningkatan indikator-indikator kreativitas dan tes sehingga memenuhi bahkan melebihi aspek yang diamati yaitu 70% itu dilihat dari hasil tes akhir dengan presentase 81,08%. Lalu peningkatan kreativitas belajar matematika siswa didukung oleh peningkatan hasil belajar siswa dalam setiap siklus ini dibuktikan dengan hasil tes yang diberikan sesuai dengan yang terlampir dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kreativitas belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran kontekstual di kelas X1 Madarasah Aliyah Musthafawiyah Purba Baru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mariam Nasution, M.Pd dan Asfiati, S.Ag.,M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran kontekstual: Kreativitas belajar matematika: Madrasah Aliyah Musthafawiyah Purba Baru |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 08:14 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 08:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4662 |
Actions (login required)
View Item |