Harahap, Azhari Firdaus (2015) Metode ceramah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 0201 Pasar Binanga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0216.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran penggunaan metode ceramah, bagaimanakah kelebihan metode ceramah, apa upaya untuk mengatasi kelemahan metode ceramah dan metode apa yang paling tepat dipadu dengan metode ceramah agar metode ceramah memberikan hasil yang maksimal dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 0201 Pasar Binanga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan metode ceramah, kelebihan metode ceramah, upaya untuk mengatasi kelemahan metode ceramah dan metode yang paling tepat dipadu dengan metode ceramah agar metode ceramah memberikan hasil yang maksimal dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 0201 Pasar Binanga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan informan penelitian adalah guru PAI tiga orang, kepala sekolah dan siswa kelas V dan VI sebanyak 30. Instrument dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah Mengorganisasi data, membaca dan menelaah, memberikan tanda atau beberapa kode, mengelompokkan data sesuai dengan tipologi atau kerangka klasifikasi, membaca literatur yang ada kaitannya dengan masalah dan latar penelitian, penarikan kesimpulan dan penafsiran data dalam mengolah hasil sementara menjadi teori dengan menggunakan beberapa metode tertentu. Hasil penelitian adalah gambaran penggunaan metode ceramah dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 0201 Pasar Binanga adalah baik. Penggunaan metode ceramah saja dalam pembelajaran akan menyebabkan pembelajaran yang pasif dan membosankan. Upaya mengatasi kelemahan metode ceramah dalam pembelajaran PAI yang dilakukan di lokasi penelitian adalah, dengan mengkombinasikan metode ceramah dengan metode pembelajaran lain, memberikan tugas bagi siswa untuk dikerjakan di rumah sehingga dapat dilakukan evaluasi untuk menilai ketuntasan belajar siswa. Metode yang paling tepat dipadu dengan metode ceramah agar metode ceramah memberikan hasil yang maksimal dalam pembelajaran PAI di lokasi penelitian adalah metode tanya jawab dan diskusi. Dengan adanya tanya jawab akan ada komunikasi antara siswa dengan guru sehingga guru dapat memberikan penilaian terhadap pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Nahriyah Fatah, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Metode Ceramah; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; PAI |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 08:06 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 08:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4661 |
Actions (login required)
View Item |