Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Program pembelajaran yang mengakomodasikan perkembangan multiple intelegensi pada pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Padangsidimpuan

Syamsiah, Syamsiah (2015) Program pembelajaran yang mengakomodasikan perkembangan multiple intelegensi pada pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113100270.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada pola pendidikan yang terjadi saat ini yang mengedepankan keseragaman dan pengukuran siswa yang cerdas hanya terbatas pada IQ saja akan tetapi kecerdasan itu bisa dilihat dan diamati menurut kebiasaan anak.Penggalian kecerdasan peserta didik masih sangat jarang dilakukan sebagai sandaran utama untuk mengawali setiap rancangan pembelajaran. Kecenderungan minat, bakat, talenta dan ketrampilan dasar belum menjadi bagian yang integral. Dalam teori Howard Gardner (multiple intelegensi). Konsep multiple intelegensiyang menitik beratkan pada ranah keunikan selalu menemukan kelebihan setiap anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang berbasis multiple intelegensi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang mengakomodir intelegensilinguistik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Padangsidimpuan. Kajian teori yang dibahas adalah pengertian intelegensi, macam-macam intelegensi, pengertian multipleintelegensi, karakteristik multipleintelegensi, program pembelajaran yang mengakomodasikan pada perkembangan multiple intelegensi, metode dan materi kunci pengajaran multiple intelegensi, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Multiple Intelegensi, pengertian intelegensi linguistik, strategi pengajaran intelegensi linguistik, penelitian terdahulu, karangka pikir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya dengan mengambil lokasi di SekolahDasarIslam TerpaduBunayya Padangsidimpuan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Persiapan/perencanaan yang dilaksanakan ialah dengan mendatangkan narasumber untuk mengadakan pelatihan-pelatihan, sesama pendidik mengadakan sharingatau tukar pikiran. Adapun perencanaannya pendidik membuat speder web, silabus dan Rencana Pembelajaran. Dalam proses pembelajaran yang berbasis Multiple Intelegensi pada intelegensi linguistik, pendidik diwajibkan untuk mengakomodir intelegensi setiap peserta didik. Hasil belajar siswa sebagian besar sudah dapat mengikuti pembelajaran yang berbasis multiple intelegensipada pembelajaran Pendidikan Agama yang mangakomodir intelegensiLinguistik. Hal ini dapat dibuktikan dengan keaktifan dan keefektipan siswa di dalam ruangan. Kesimpulan penelitian ini, untuk persiapan pembelajaran harus termuat silabus dan membuat RPP (Rencana Pembelajaran) dan untuk proses pembelajaran harus terakomodirintelegensi yang dimiliki anak serta hasilnya sudah maksimal dan memuaskan dalam pembelajaran yang berbasis multipleintelegensi pada pembelajaran pendidikan agama Islam pada intelegensi linguistik hal ini dapat dibuktikan dengan keaktifan siswa di dalam ruangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Syafnan, M.Pd dan Lis Yulianti Syafrida Siregar
Keywords: Pola Pendidikan ., IQ., Kecerdasan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 02 Sep 2020 07:10
Last Modified: 02 Sep 2020 07:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4655

Actions (login required)

View Item View Item