Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Interaksi guru dan santri dalam proses belajar mengajar di pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin Kelurahan Hutatonga Skripsi ini berjudul interaksi guru dan santri di Pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin Kelurahan Hutatonga.

Lubis, Nur Adilah (2015) Interaksi guru dan santri dalam proses belajar mengajar di pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin Kelurahan Hutatonga Skripsi ini berjudul interaksi guru dan santri di Pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin Kelurahan Hutatonga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113100164.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah interaksi guru dan santri dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin Kelurahan Hutatonga, apa saja kendala yang ditemui dalam interaksi guru dan santri dalam proses belajar mengajar di Pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin Kelurahan Hutatonga, apa upaya yang dilakukan untuk menanggulangi kendala dalam intraksi interaksi guru dan santri dalam proses belajar mengajar di Pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin Kelurahan Hutatonga. Berdasarkan permasalahan di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi guru dan santri dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan di pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin Kelurahan Hutatonga, mengetahui kendala yang ditemui dalam interaksi guru dan santri dalam proses belajar mengajar di pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin Kelurahan Hutatonga, mengetahui upaya yang dilakukan untuk menanggulangi kendala dalam interaksi guru dan santri dalam proses belajar mengajar di pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan mendapatkan pemahaman yang sifatnya umum terhadap kenyataan sosial dari perspektif partisipan. Pemahaman tersebut akan diperoleh setelah dilakukan analisis terhadap kenyataan yang menjadi fokus penelitian. Adapun responden dalam penelitian ini adalah santri pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin tingkat Tsanawiyah dan pimpinan serta guru yang mengajar di pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin. Adapun hasil penelitian yang di lakukan di Pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin Kelurahan Hutatonga yaitu : Interaksi guru dan santri dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Iittihadul Mukhlisin Kelurahan Hutatonga berjalan dengan baik dan lancar, bentuk interaksi yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar adalah interaksi dua arah dan tiga arah, dalam proses belajar mengajar guru selalu berusaha menggunakan metode belajar yang bervariasi, suasana tetap tenang ketika proses belajar menagajar berlangsung, dan komunikasi antara guru dan santri juga secara umum beralangsung dengan baik dan lancar, serta guru selalu mengkolaborasikan materi pelajaran dalam proses belajar mengajar dalam kehidupan sehari-hari, kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan interaksi guru dan santri dalam proses belajar mengajar di pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin Kelurahan Hutatonga adalah santri belum terbiasa proaktif dalam proses belajar mengajar, perhatian santri terhadap bahan pelajaran lemah serta kurangya media pembelajaran, perbedaan inteligensi santri, santri susah dalam bersosialisasi dan lemahnya motivasi belajar santri.. Dan adapun upaya yang dilakukan guru untuk menanggulangi kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan interaksi guru dan santri di pondok Ittihadul Mukhlisin Kelurahan Hutatonga adalah berusaha untuk menarik minat dan meningkatkan motivasi belajar santri, melakukan pendekatan individual terhadap santri yang mempunyai inteligensi yang rendah serta menambah jam pelajaran tambahan terhadapnya. Dan bagi santri yang mempunyai inteligensi yang tinggi menyarankanya untuk mengajari santri yang lemah inteligensinya dan berusaha menggunakan metode mengajar yang bervariasi dalam kegiatan belajar mengajar, memberikan perhatian, menyuruh santri untuk mempelajari bahan pelajaran yang akan di pelajari di asrama, menumbuhkan persaingan yang kompetitif di kalangan santri, berusaha memanfaatkan media yang ada secara maksimal, dan kadang-kadang mengusahakan sendiri media dibutuhkan, serta menanamkan sikap rasa percaya diri santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag dan Magdalena, M.Ag
Keywords: Interaksi Guru dan Santri., Proses Belajar Mengajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 02 Sep 2020 07:02
Last Modified: 02 Sep 2020 07:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4654

Actions (login required)

View Item View Item