Husein, Saddam (2015) Penerapan strategi cooperative learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Muarasipongi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
08 310 0162.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa kegiatan belajar mengajar sebelum diterapkan strategi cooperative learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya inisiatif siswa dalam mencari sumber dan informasi yang relevan dengan materi pembelajaran. Selain itu, siswa juga terlihat masih lemah dalam mengembangkan pendapatnya sendiri ketika diminta untuk mengemukakan pendapat akan suatu permasalahan khususnya pada mata pelajaran PAI. Maka untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, guru mencoba untuk menerapkan strategi cooperatve learning. Dalam menerapkan strategi ini, siswa akan diberikan suatu permasalahan yang mereka pecahkan. Penelitian ini mengupas bagaimana penerapan strategi cooperative learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Muarasipongi, dan apakah dengan penerapan cooperative learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Muaraspongi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Muarasipongi, serta penelitian ini terfokus dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI dengan menggunakan strategi cooperative learning. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan penerapan strategi cooperative learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI. Sehubungan dengan ini pendekatan yang dilakukan adalah membagi kelompok siswa, setiap kelompok terdiri dari 4 siswa, teori-teori yang berkaitan dengan kemampuan berfikir siswa dan strategi cooperative learning pada pokok bahasan zakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas kolaborasi bersama guru kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muarasipongi berjumlah 20 siswa. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, maka digunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis datanya dengan analisis deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi cooperative learning dapat menngkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Peningkatan ini dapat dilihat dari meningkatnya persentase jumlah nilai dan juga nilai rata-rata kelas terhadap materi yang disampaikan. Pada siklus I terlihat nilai rata-rata kelas 65% dengan tingkat persentase ketuntasan 60% yakni sebanyak 6 siswa. Sedangkan siklus II terlihat nilai rata-rata kelas 65% dengan tingkat persentase ketuntasan 75% yakni sebanyak 20 siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Sahadir Nasution dan Replita |
Keywords: | Pembelajaran; strategi; motivasi belajar |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 03:44 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 03:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4642 |
Actions (login required)
View Item |