Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas vii MTs N Barus

Pohan, Fitriani (2015) Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas vii MTs N Barus. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113300013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi himpunan dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena cara mengajar guru yang terlalu monoton atau kurang mampu melakukan strategi mengajar dengan baik, sehingga hasil belajar matematika siswa pada aspek kognitif masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII MTsN Barus. Dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII MTsN Barus. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kognitif matematika siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual sebagai model dalam pembelajaran. Model pembelajaran kontekstual merupakan model pembelajaran yang mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan seharihari yang dialami siswa. Model ini memiliki sembilan karakteristik yaitu: kerjasama, saling menunjang, menyenangkan, tidak membosankan, belajar dengan bergairah, pembelajaran terintegrasi, menggunakan berbagai sumber, siswa aktif, sharing dengan teman, dan siswa kritis guru kreatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one- group pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu seluruh kelas VII-B yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian berdistribusi normal yaitu untuk pretest diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Pembelajaran kontekstual; Kemampuan Kognitif; Himpunan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:23
Last Modified: 02 Sep 2020 03:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4638

Actions (login required)

View Item View Item