Hasibuan, Aminah (2015) Penerapan model pembelajaran ATI (aptitude treatment interaction) dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII2 MTsN Binanga Kecamatan Barumun Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan kognitif siswa masih rendah khususnya pada materi pokok lingkaran. Hal ini disebabkan ketika proses pembelajaran berlangsung banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru dan metode yang digunakan guru masih monoton sehingga siswa masih menunjukkan sikap yang kurang aktif, kreatif dan mandiri terutama siswa-siswi yang berkemampuan sedang dan rendah dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru. Untuk itu diperlukan suatu penyelenggaraan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa, salah satu upaya yang dianggap dapat memecahkan masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) sebagai salah satu model pembelajaran yang menangani individu tertentu sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII2 MTsN Binanga Kecamatan Barumun Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan metode siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi, dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VIII2 MTsN Binanga Kecamatan Barumun Tengah yang berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. kemudian Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII2 MTsN Binanga Kecamatan Barumun Tengah, hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa dari pra siklus sebesar 34,38% (11 siswa), siklus I yaitu 53,13% (17siswa), dan Siklus II yaitu 78,13% (25 siswa). Sementara itu peningkatan kemampuan kognitif siswa berdasarkan kelompok kemampuan siswa dilihat dari nilai rata-rata di dapat hasilnya sebagai berikut: 1. Kelompok siswa berkemampuan rendah mengalami peningkatan berturut-turut yaitu dari data awal 36,25 kemudian siklus I 48,75 dan siklus II 63,75. 2. Kelompok siswa berkemampuan sedang mengalami peningkatan berturut-turut yaitu dari data awal 58,46 kemudian siklus I 68,85 dan siklus II 81,92. 3. Kelompok siswa berkemampuan tinggi mengalami peningkatan berturut-turut yaitu dari data awal 80,45 kemudian siklus I 85,90 dan siklus II 88,18.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nahriyah Fatah, S.Ag., M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Model Pembelajaran; ATI; Aptitude Treatment Interaction; Kemampuan kognitif Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 08:16 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 08:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4634 |
Actions (login required)
View Item |