Nasution, Fahlul Rosi Husin (2015) Pemanfaatan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran fiqh di MAN Siabu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
113100238.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah. Pemanfaatan media pembelajaran di MAN Siabu memang sudah dilaksanakan, namun penulis melihat masih banyak guru yang kurang berminat dan jarang memamfaatkan media pembelajaran terutama dalam pembelajaran fiqh. Padahal salah satu tujuan dari media pembelajaran adalah dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran. Adapun rumusan masalah penelitian ini pemanfaatan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran fiqh di MAN Siabu, problematika pemanfaatan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran fiqh di MAN Siabu, dan upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam menanggulangi problematika media pembelajaran fiqh di MAN Siabu. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran fiqh di MAN Siabu, problematika pemanfaatan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran fiqh di MAN Siabu, dan upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam menanggulangi problematika media pembelajaran fiqh di MAN Siabu. Kegunaan penelitian, menjadikan bahan acuan dan perbandingan bagi mahasiswa lain yang mengkaji media pembelajaran. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sehubung dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Untuk memproleh data, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi langsusng kelapangan yakni sekolah MAN Siabu dan wawancara kepada guru MAN Siabu khususnya guru yang mengampu pelajaran fiqh di MAN Siabu, Tata Usaha dan Kepala Sekolah yang dianggap dapat memberikan data dan informasi serta keterangan yang dibutuhkan dalam penelitian ini kemudian pengolahan dan analisis data dilakukan secaraa kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa Pemanfatan media pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Siabu belum optimal. Hal ini didasarkan dari kurang optimalnya pemanfaatan media audio seperti pemanfaatan tape recorder, alat perekam suara. visual seperti pemanfaatan bahan cetak, poto atau gambar, infokus, dan audio visual seperti labtop, film suara, computer dalam proses pembelajaran. Problematika pemanfaatan media pembelajaran di MAN Siabu, jumlah media yang tersedia masih terbatas seperti infokos, aluran listrik disetiap ruangan kurang, media cetak seperti buku pelajaran, dan media masih kurang dibanding dengan jumlah siswa yang ada dan juga masih banyak ditemukannya media yang rusak. Upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mengatasi problematika pemanfaatan media pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Siabu misalnya memperbaiki media pembelajaran yang rusak adanya inisiatif guru fiqh untuk membuat media tersendiri misalnya boneka dari karton, dan kain kafan dari Koran dan memanfaatkannya dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Kholidah, M.Ag |
Keywords: | Media Pembelajaran., Pembelajaran Fiqh., Guru |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 05:39 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 05:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4632 |
Actions (login required)
View Item |