Pane, Sakdiah (2019) Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian ikan sarden abc di Lingkungan I Kelurahan Sadabuan Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 402 00130.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini di latar belakangi oleh keputusan yang dilakukan oleh masyarakat dalam melakukan pembelian suatu produk, dimana masyarakat cenderung tertarik untuk memilih produk yang telah memiliki citra yang baik dan telah dikenal luas. Seperti ikan sarden ABC yang merupakan salah satu merek ikan kalengan siap saji yang cukup terkenal dikalangan masyarakat. Namun pada 2018 lalu muncul pemberitaan mengenai adanya temuan cacing pada beberapa merek ikan kalengan salah satunya yaitu ikan sarden ABC. Hal ini membuat citra merek yang dimiliki oleh ikan sarden ABC menjadi buruk sehingga mengakibatkan keputusan masyarakat dalam melakukan pembelian juga ikut menurun. Rumusan masalah penelitian adalah apakah ada pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian ikan sarden ABC. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian ikan sarden ABC. Manfaat penelitian ditujukan bagi peneliti, bagi perusahaan dan bagi penelitian selanjutnya. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan Ilmu Manajemen Pemasaran. Sehubungan dengan hal itu, pendekatan yang dilakukan penelitian adalah dengan memaparkan teori-teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian dan citra merek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling, sumber data yaitu data primer dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan wawancara. Analisis dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi23. Hasil penelitian diperoleh Nilai R square sebesar 0,333 atau 33,3 % menunjukkan citra merek memengaruhi keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen sebesar 33,3%, dan sisanya 66,7 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Terdapat pengaruh variabel citra merek terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung>ttabel (5,565> 1,669).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | citra merek dan keputusan pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 14 Apr 2020 09:15 |
Last Modified: | 16 Apr 2020 13:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/463 |
Actions (login required)
View Item |