Sahara, Enni (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII-2 MTsN Kase Rao-Rao. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami pelajaran. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah sistem belajarnya yang monoton atau ceramah, selain itu siswa masih banyak yang kurang memperhatikan guru dalam menerangkan ataupun menjelaskan materi pelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pokok bahasan Lingkaran di kelas VIII-2 MTsN Kase Rao-Rao. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pokok bahasan Lingkaran di kelas VIII-2 MTsN Kase Rao-Rao. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di MTsN Kase Rao-Rao dengan subjek penelitian yaitu siswa-siswi kelas VIII-2 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaraan kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran. Pada siklus I pertemuan ke-1 nilai rata-rata siswa 66,33 dengan persentase ketuntasan 43,33%. Pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata siswa 73,33 dengan persentase ketuntasan 56,67%. Selanjutnya pada siklus II peningkatan terjadi dengan sangat pesat yaitu pada pertemuan ke-1 nilai rata-rata siswa 75 dengan persentase ketuntasan 70% dan pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata siswa meningkat lagi hingga 83,33 dengan persentase ketuntasan 83,33%. Dengan peningkatan yang diperoleh, maka siklus dihentikan sampai pada siklus II. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pokok bahasan Lingkaran di Kelas VIII-2 MTsN Kase Rao-Rao.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj.Zulhimma,S.Ag.,M.Pd dan Suparni,S.Si.,M.Pd |
Keywords: | Numbered heads together, Meningkatkan pemahaman siswa |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 08:29 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 08:29 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4629 |
Actions (login required)
View Item |