Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode pembelajaran contexual teaching and learning terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi

Nasution, Elfina Sari (2015) Pengaruh metode pembelajaran contexual teaching and learning terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada pokok bahasan bangun ruang khususnya kubus dan balok dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar matematika ditinjau dari pemahanan konsep siswa masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran contextual teaching and laerning terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi. Dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran contextual teaching and laerning terhadap pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Metode pembelajaran contextual teaching and learning merupakan metode pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam pembelajaran dengan menugaskan siswa untuk menjelaskan kembali materi yang telah dijelaskan guru sebelumnya dan membantu siswa dalam menetapkan sikap maupun perbuatan dalam kehidupan sehari-hari, karena hakikat proses belajar di sekolah adalah pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi yaitu kelas IV-A sebanyak 38 siswa dan kelas IV-B sebanyak 38 siswa dan sampel penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yaitu berjumlah 76 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes berbentuk uraian (essay test). Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu thitung = 2,79 > ttabel =1,9992, dari perhitungan tersebut jelas terlihat penerimaan Ha dan penolakan Ho. Dengan demikian Ha :

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: DR.Ahmad Nizar Rangkuti,S.Si.M.Pd dan DR.Lelya Hilda,M.Si
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 02 Sep 2020 09:23
Last Modified: 02 Sep 2020 09:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4628

Actions (login required)

View Item View Item