Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung dan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan perkalian di kelas III-B MIN 2 Padangsidimpuan

Batubara, Dewi Purnama Sari (2015) Penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung dan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan perkalian di kelas III-B MIN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan berhitung perkalian dan motivasi belajar matematika siswa kelas III-B MIN 2 Padangsidimpuan, berdasarkan data awal rendah. Saat proses pembelajaran materi perkalian guru selalu menyuruh siswa menghapal. Metode hapalan akan memberatkan memori otak siswa serta daya ingat setiap siswa tidak selalu sama, sehingga siswa malas dan tidak menyukai pelajaran matematika. Padahal materi perkalian merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai setiap siswa agar tidak terbelangkalai dalam mengikuti materi matematika selanjutnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka diadakannya penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung dan motivasi belajar pada pokok bahasan perkalian dengan menggunakan metode jarimatika di kelas III-B MIN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan guna melatih kecepatan siswa dalam berhitung serta memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal materi perkalian. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data dengan pemberian tes, observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah kelas III-B MIN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 33 siswa, yaitu 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan.. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik dengan mencari rata-rata nilai siswa dan persentasinya serta disajikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan penelitian terdahulu dan hasil pelaksanaan tindakan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung dan motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode jarimatika. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan berhitung dan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Pada siklus I ada peningkatan kemampuan berhitung dari jumlah siswa yang tuntas sebanyak 42,42% atau 14 siswa menjadi 60,61% atau 20 siswa. Motivasi belajar siswa awalnya 24,42% meningkat pada siklus I menjadi 42,42%. Pada siklus II kemampuan berhitung perkalian siswa meningkat menjadi 81,82% atau 27 siswa dan motivasi belajar siswa meningkat menjadi 74,09%. Dengan demikian berarti penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung dan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan perkalian di kelas III-B MIN 2 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H.Muhammad Darwis Dasopang,M.Ag dan Suparni,S.Si.,M.Pd
Keywords: Metode jarimatika, Kemampuan berhitung, Motivasi belajar siswa.
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 02 Sep 2020 09:03
Last Modified: 02 Sep 2020 09:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/4627

Actions (login required)

View Item View Item